• KANAL BERITA

Kerigan ROW, Upaya PLN Amankan Jaringan Transmisi

MEMOTONG KAYU: Tim regu pemeliharaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah memotong kayu untuk mengamankan jaringan transmisi dari potensi gangguan. (suaramerdeka.com/Dok)
MEMOTONG KAYU: Tim regu pemeliharaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah memotong kayu untuk mengamankan jaringan transmisi dari potensi gangguan. (suaramerdeka.com/Dok)

PURWOKERTO, suarmerdeka.com - PT PLN (Persero) terus berupaya mengamankan jaringan transmisi dari potensi gangguan. Salah satunya dengan kegiatan Kerigan ROW (Right of Way).

Kerigan ROW merupakan kegiatan melakukan perampalan pohon yang berada di dekat jaringan SUTT maupun SUTET. Hal ini terkait ruang bebas (ROW) di sekitar jaringan listrik tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia, makhluk hidup dan benda lainnya serta keamanan operasi SUTT dan SUTET.

Ketua Pelaksana Kerigan ROW, Eka Purwito, mengatakan, kegiatan perampalan pohon-pohon ini telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Regu Pemeliharaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah.

Seperti yang dilakukan Tim Pemeliharaan UPT Purwokerto ULTG Wonosobo yang melakukan Kerigan ROW di Desa Rowosari, Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen, Selasa (3/9). Melalui kegiatan ini regu pemeliharaan melakukan pemangkasan dan penebangan beberapa pohon yang sudah melewati jarak batas aman.

Beli Peralatan & Perlengkapan Rumah Tangga Online

Eka Purwito, kegiatan Kerigan ROW yang dilakukan di SUTET 500 kV Pedan-Kesugihan T.281-282 ini bertujuan untuk menjaga keandalan sistem transmisi sehingga pasokan listrik ke masyarakat tidak terganggu.

"Untuk itu PLN juga berharap peran serta masyarakat dalam membantu PLN melakukan kegiatan Kerigan ROW ini," kata dia yang menjabat sebagai SPV Pemeliharaan Jaringan ULTG Wonosobo.

Eka Purwito mengatakan, ruang bebas sendiri dibatasi oleh jarak bebas berdasarkan PerMen ESDM No 2 tahun 2019, dimana tidak boleh ada suatu benda/makhluk hidup baik dari sisi vertikal maupun horizontal berada dalam kisaran yang telah ditentukan atau disebut dalam batasan jarak bebas minimum (Right Of Way/ROW) ±5 - 9 meter tergantung dari lokasi, level tegangan dan jenis jaringan listrik. 

Namun, bukan berarti wilayah di sekitar jaringan listrik tersebut tidak dapat dimanfaatkan. Ruangan sisi kanan, kiri, dan bawah ruang bebas SUTT dan SUTET secara teknis aman dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain termasuk rumah tinggal selama tidak masuk ke dalam ruang bebas.


(Puji Purwanto/CN39/SM Network)