• KANAL BERITA

Pengelolaan TPA Terkendala Anggaran

TPA KALIJURANG : Petugas mengurai sampah di TPA Kalijurang, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes. (suaramerdeka.com/Dok)
TPA KALIJURANG : Petugas mengurai sampah di TPA Kalijurang, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes. (suaramerdeka.com/Dok)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Penataan dan pembenahan pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes, terkendala anggaran. Untuk itu upaya pembenahan akan dilakukan bertahap.

"Kami ini dapat warisan TPA, kondisinya ya sudah seperti itu. Tentunya akan kita benahi, tapi bertahap," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edy Kusmartono.

TPA di Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong ini belakangan menjadi sorotan menyusul kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) bertajuk "TPA Kalijurang Harus Bagaimana". Event itu diinisiasi Forum Kesehatan Desa Kalijurang  membahas buruknya pengelolaan TPA dan rendahnya perhatian pemkab ke masyarakat sekitar TPA.

Menurut Edy FGD itu merupakan bentuk kepedulian masyarakat untuk mewujudkan pengelolaan TPA yang lebih. TPA dibangun pada 1999. Sementara Dinas Lingkungan Hidup baru menangani TPA mulai 2017.

Kegiatan menuju pengelolaan TPA yang lebih baik, lanjut Edy, sebenarnya sudah dimulai. Di antaranya mendirikan UPT LH di wilayah selatan untuk melakukan pengelolaan dan pengawasan TPA."Sampah di TPA juga sudah tidak dibakar lagi. Kami larang (pembakaran sampah)," katanya.

Dalam pengelolaan TPA nanti, Edy menegaskan akan menggunakan sejumlah metode. Pihaknya juga akan membekali pelatihan kepada petugas di TPA."Peralatan pengolahan sampah TPA mahal, sementara porsi anggaran kita kecil. Ada beberapa metode kita coba untuk penanganan di TPA," ujarnya.

Sebelumnya, anggota DPRD Brebes Mustolah mendorong pemkab mengalokasikan anggaran untuk fasilitas dan peralatan pengolahan sampah sehingga keberadaan TPA


(Teguh Inpras Tribowo/CN39/SM Network)