• KANAL BERITA

Jalan Pencil-Pare Ditutup sampai November

Jalan Pencil-Pare di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri untuk sementara ini ditutup karena sedang diperbaiki. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
Jalan Pencil-Pare di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri untuk sementara ini ditutup karena sedang diperbaiki. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Proyek pembongkaran dan pembangunan kembali Jalan Lingkar Kota (JLK) ruas Pencil-Pare diperkirakan selesai akhir November mendatang. Dampak dari perbaikan itu, jalan lingkar tersebut bakal ditutup hingga proyek tersebut kelar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri Prihadi Ariyanto mengungkapkan, penutupan jalur tersebut sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. "Jalan ditutup karena sedang dibangun. Jalannya banyak batu kerikil dan tanjakan, sehingga berbahaya kalau dilewati," kata dia, Selasa (27/8).

Pembangunan dilakukan dengan melakukan pengeprasan terlebih dahulu. Pengeprasan dilakukan dengan kedalaman bervariasi, antara 3-15 meter. "Jalannya dikepras biar tanjakannya tidak terlalu curam. Selain itu, jalannya dibikin letter "S" agar lebih langsam atau landai," terangnya.

Pengeprasan rencananya dilakukan dari Taman Ganesha sebelah utara Mapolres Wonogiri sampai dekat jembatan menuju ke Desa Pare. Selanjutnya, pembangunan badan jalan dilakukan dari sebelah utara Mapolres Wonogiri sampai ke wilayah Desa Pare.

"Jalannya sudah diperlebar sampai 15 meter. Tinggal membangun saja," ujarnya.

Proyek itu menelan anggaran Rp 41 miliar dari Bantuan Provinsi Jateng dan Rp 14 miliar dari APBD Kabupaten Wonogiri.

JLK untuk sementara ini belum tersambung seluruhnya. Jalan yang sudah dibangun berada di ruas Bulusulur-Pencil dan ruas Pare-Krisak. Apabila proyek itu selesai, JLK akan tersambung seluruhnya dari Desa Bulusulur (Kecamatan Wonogiri) sampai Krisak (Kecamatan Selogiri) sepanjang 15,3 meter.


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)