• KANAL BERITA

Suhu Politik Bantul Mulai Memanas

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANTUL, suaramerdeka.com - Meski Pilkada Bantul masih satu tahun lagi, namun suhu politik di kawasan selatan Kota Yogyakarta sudah mulai memanas. Masing-masing parpol mulai saling mengintip dan mulai melakukan pendekatan dengan partai lain.

Hal ini dilakukan agar jago mereka bisa maju dan lolos dalam Pilkada Bantul September 2020 mendatang. Untuk mewujudkan itu, kini masing-masing partai sudah mulai kasak-kusuk ke partai lain. Walau Hal itu dilakukan tidak secara terang-terangan.

Sejumlah parpol seperti PDI Perjuangan, PKB, Demokrat dan Partai Gerindra telah memberi sinyal akan mengusung kadernya menjadi calon bupati atau wakil bupati di Bumi Projotamansari ini. Kini PAN Kabupaten Bantul secara terang-terangan juga turut memanaskan tensi politik dengan akan mengusung kadernya sendiri untuk maju dalam Pilkada Bantul 2020 yang akan datang.

Ketua Tim Pilkada DPD PAN Kabupaten Bantul, Wildan Nafis mengatakan di tiga kabupaten dan satu kota di Yogyakarta mampu menempatkan kadernya sebagai bupati atau wakil bupati serta sebagi wakil walikota Yogyakarta, namun di Kabupaten Bantul dalam beberapa dekade tak satupun kader PAN yang duduk sebagai bupati atau wakil bupati.

"Pilkada Bantul 2020 menjadi moment tepat untuk mendudukan salah satu kader PAN untuk berada di eksekutif seperti di tiga kabupaten dan satu kota di Yogyakarta. Ini kesempatan kami untuk mendudukan laser kami di eksekutif," katanya di Bantul, kemarin.

Sementara Hanung Raharjo, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul mengaku, pihaknya siap berkomunikasi dengan partai manapun untuk bisa bergabung dan berkoalisi dalam Pilkada 2020.  Sebab jika cabup-cawabup yang diusung PDI Perjuangan dan partai koalisinya menang, ingin pemerintahan tetap stabil dengan dukungan banyak dari parlemen.

"Ya kita terbuka dengan siapa saja, termasuk dengan PAN, PKB bahkan dengan Gerindra atau PKS. Namun untuk tahapan pilkada kita masih menunggu petunjuk dari DPP PDI Perjuangan," terang kandidat kuat ketua definitif DPRD Bantul ini.


(Sugiarto/CN26/SM Network)