• KANAL BERITA

Dek Seli Kampanyekan Solusi Sehat Tanpa Polusi

Tour Sepeda Lipat ke Hutan Mangrove Tambak Bulusan

LEPAS TOUR SEPEDA : Wakil Bupati Demak Joko Sutanto melepas tour komunitas sepeda lipat di halaman kantor BRI Cabang Demak. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
LEPAS TOUR SEPEDA : Wakil Bupati Demak Joko Sutanto melepas tour komunitas sepeda lipat di halaman kantor BRI Cabang Demak. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Ratusan pencinta sepeda lipat dari sejumlah daerah mengikuti tour bersepeda mengampanyekan solusi sehat tanpa polusi. Kegiatan yang digelar komunitas Demak Sepeda Lipat (Dek Seli) tersebut dibuka Wakil Bupati Joko Sutanto bersama Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sapon, di halaman kantor BRI Cabang Demak, Minggu (25/8).

Sebelum pengibasan bendera start, Wakil Bupati bersama seluruh peserta tour sepeda menyanyikan lagu Indonesia Raya. Joko Sutanto berharap para peserta tour sepeda lipat dapat menikmati keindahan suasana alam dan kondisi jalan di Kabupaten Demak.

"Insyaallah semua jalur yang dilalui menyenangkan dan jadi kenangan positif. Namun jika menemukan ada hal yang kurang baik, silakan informasikan kepada kami dan jika ada yang baik kabarkan kepada yang lain," katanya didampingi Sapon, Plt Kadinas Pemuda dan Olahraga, serta Mudzakir yang mewakili pimpinan BRI Cabang Demak.

Menempuh perjalanan sejauh 30 kilometer, para pecinta sepeda beregerak dari kantor BRI Cabang Demak menuju Masjid Agung Demak kemudian melalui jalan Nurcahya, Bonang dan dengan tujuan akhir lokasi wisata Pantai Tambak Bulusan, Karangtengah.

Ketua Panitia Arie Adji menuturkan, tour bersepeda diadakan untuk memperingati hari jadi Ke-1 Dekseli. Meski baru kali pertama berlangsung, namun diikuti pecinta sepeda lipat se Pulau Jawa. Di antaranya berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung, Tangerang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Kendal, Wonosobo, Solo, Jogja, Salatiga, Semarang, Jepara, Grobogan, Kudus, Malang, Kediri, Jombang, dan Surabaya.

Menurutnya yang menjadi daya tarik kegiatan adalah adanya rute menyeberangi sungai dan laut menggunakan perahu. Rute seperti itu belum pernah ada dalam kegiatan sepeda lipat. "Jadi ada yang baru dalam kegiatan yang digelar di Demak, makanya banyak yang minat untuk bergabung," katanya didampingi pegiat sepeda lipat, Misbahul Munir.

Panitia menyediakan sedikit 30 perahu untuk membawa rombongan menuju lokasi wisata pantai Istana Tambak Bulusan (Istambul). Selain menikmati pantai, peserta juga merasakan sensasi berjalan di hutan mangrove.

Ketua Demak Sepeda Lipat (Dek Seli), Nurul Unyung menambahkan, aktivitas bersepeda merupakan jawaban atas isu-siu polusi udara yang terjadi di sejumlah daerah. Menurutnya, pemerintah perlu memberi dukungan dan perhatian kepada para komunitas sepeda. Setidaknya perlu membuatkan jalur khusus sepeda di jalan-jalan utama, atau mengajak ASN membiasakan bersepeda menuju kantor masing-masing. "Bersepeda merupakan solusi sehat tanpa polusi," ujar Nurul.


(Hasan Hamid/CN26/SM Network)