• KANAL BERITA

Ring of Scout Gelorakan Nasionalisme, Unnes Pecahkan Rekor

foto: suaramerdeka
foto: suaramerdeka

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 7.071 mahasiswa baru Universitas Semarang (UNNES) yang baru saja tergabung dalam Pramuka Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme disepanjang jalan area kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Sabtu (24/8) pagi.

Dengan berdiri disepanjang jalan dengan melambaikan bendera merah putih , mereka bersemangat menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Aksi Ring of Scout atau berjalan mengelilingi area kampus tersebut mereka  mereka menyusuri jalan sepanjang 4 km sebanyak 2 putaran.

Ketua Harian Pramuka Wilayah Sekaran Semarang, Nurohmat Isdaryanto mengatakan bahwa aksi Ring of Scout merupakan kegiatan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) untuk  memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“ Dalam lagu Indonesia Raya disebutkan tentang Pandu, maka tugas dari Pramuka adalah sebagai pandu untuk senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan memupuk jiwa nasionalisme dalam diri generasi muda ini adalah cara yang tepat untuk menyebarkan virus kebangsaan untuk mewujudkan Persatuan Indonesia,” kata Isdaryanto.

Usai kegiatan Ring of Scout, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) pun memberikan apresiasi atas aksi yang digelar 7.071 mahasiswa baru Unnes untuk menanamkan jiwa patriotisme dan kebangsaan melalui kegiatan tersebut.

Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka SH menetapkan kegiatan tersebut sebagai rekor Ring of Scout dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan dalam kegiatan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi oleh mahasiswa berseragam pramuka terbanyak.

“ Kegiatan ini memberikan inspirasi kepada kita semua tentang jiwa patriotisme dan kebangsaan untuk tetap menjaga persatuan dalam bingkai NKRI.  Kegiatan ini akan menjadi contoh dan semoga disebarkan oleh para mahasiswa baru kepada lingkungannya untuk mengkampanyekan cinta tanah air dengan menjaga persatuan Indonesia. Kegiatan hari ini menjadi rekor yang ke-16 bagi Unnes. Sebelumnya Unnes telah menciptakan maupun memecahkan sebanyak 15 rekor Leprid,"jelas Paulus.


(Maulana M Fahmi/CN34/SM Network)