• KANAL BERITA

Muliakan Air dan Lestarikan Sungai, Dandim Ikuti Dialog Bersama Relawan Sekolah Sungai Klaten

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

KLATEN, suaramerdeka.com - Japili (Jagongan pinggir Kali) sambil Ngopi di pinggiran jembatan sungai Glogok Kelurahan Klaten Kec. Klaten Tengah Kab Klaten,  dengan tema "Resik Kaliku, apik Rejekiku, menuju kali yang rahayu melalui pemberdayaan komunitas" dengan ketua penyelenggara Arief Fuad Hidayah (Aktifitis sekolah sungai Klaten), Sabtu (24/8).

Dengan menghadirkan Prof Suratman Woro mantan Wakil Rektor UGM Yogyakarta dan Kepala Klinik Lingkungan serta Mitigasi Bencana UGM, Ir Lilik Kurniawan M.Sc. Deputi Pencegahan BNPB, Ir. Charisal Andrian Manu Kepala Balai Besar Begawan Solo dan juga Letkol Kav Minarso S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten.

Selain itu tampak duduk bersama Jaka Sawaldi, Sekertaris Daerah Kab. Klaten sekaligus Kepala sekolah Sungai Klate, PLT Kepala BPBD Klaten Dodhy Hermanu, Wahyu Prasetyo, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kab. Klaten dan Plt. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Sri Kuncoro Sekcam Klaten Tengah, Aris Fitriyanto, Kepala Kelurahan Klaten serta Komunitas dan relawan peduli sungai se Kab. Klaten sekitar 75 orang.

Pada kesempatan itu, Prof Suratman Woro menyampaikan kegiatan kali ini dalam rangka pencegahan bencana di wilayah Kab. Klaten, dengan slogan dan motto Air kita muliakan Sungai kita lestarikan, sehingga komunitas sungai Klaten menjadi contoh komunitas sungai di Indonesia.

Ada tiga hal manfaat sungai Ekonomi kreatif masyarakat, Pendidikan formal dan tempat untuk pemulihan ekosistem sungai maupun

“Nilai-nilai jiwa keorganisasian komunitas  sungai hanya berada di Kab.Klaten sehingga komunitas sungai Klaten menjadi contoh komunitas sungai di Indonesia, ada 3 hal manfaat sungai Ekonomi kreatif masyarakat, Pendidikan formal dan tempat untuk pemulihan ekosistem sungai maupun sosial, “ tutur sang profesor.

Sementara itu Letkol Kav Minarso S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten dalam dialognya menyampaikan kegiatan yang seperti ini perlu di publikasikan oleh Media  padahal kegiatan kali ini yang sangat penting dalam penanggulangan bencana.

“Sebagai Aparat kewilayahan Kodim 0723/Klaten di antaranya penanggulangan segala Bencana di Kab.Klaten serta mendukung semua hal kegiatan dalam pencegahan Bencana, untuk itu Kami siap dalam bentuk apapun dalam penanggulangan Bencana di Klaten,“ tegas Dandim.

Drs Jaka Sawaldi MM selaku  Sekertaris Daerah Kab.Klaten  dan Kepala sekolah Sungai Klaten telah berkomitmen bersama masyarakat dalam program tebar benih ikan setiap Ada kegiatan hajatan mantenan di wilayah dengan tujuan melestarikan sungai.

“kita harus bersama-sama melakukan gerakan pembersihan sampah di sungai , setelah sungai di bersihkan bisa di gunakan sebagai ekonomi kreatif masyarakat, “ ungkap Sekda Klaten.


(Red/CN39/SM Network)