• KANAL BERITA

September, Lima OPD Terapkan Pembayaran Non Tunai di SPBU

SPBU Nglangon menjadi tempat pelaksanaan uji coba e-SPBU. (suaramerdeka.com/Basuni H)
SPBU Nglangon menjadi tempat pelaksanaan uji coba e-SPBU. (suaramerdeka.com/Basuni H)

SRAGEN, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Sragen memperluas penerapkan e-SPBU sebagai pembayaran nontunai untuk keperluan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan dinas. Mulai September, lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerapkan pembayaran non tunai e-SPBU.

Pada ui coba, e-SPBU hanya diterapkan di Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Empat OPD lainnya menyusul bulan depan, yakni Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup  (DLH), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukikan (Disperkim).

E-SPBU adalah transaksi elektronik untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Selain menambah jumlah OPD, e-SPBU ini juga bisa dilakukan di semua SPBU milik Pemkab Sragen. Yakni SPBU Nglangon, SPBU Tangen dan SPBU Pilangsari.

Saat mulai diujicobakan 1 Agustus, e-SPBU ini hanya bisa dilakukan di SPBU Nglangon.  Mulai September, e-SPBU berlaku untuk lima OPD di lingkungan Pemkab Sragen. Satu yang sudah menerapkan adalah BPPKAD dan empat tambahan lagi. SPBU yang bisa untuk e-SPBU di semua SPBU milik Pemkab Sragen.

Kepala BPPKAD Dwiyanto, Jumat (23/8), mengatakan tolok ukur keberhasilan dalam penerapan e-SPBU adalah mereka yang mendapatkan kartu e-SPBU bisa mengisi dengan baik dan lancar. Namun menurut dia, tetap ada evaluasi dalam pelaksanaan di BPPKAD.

Jumlah petugas yang melayani di SPBU perlu ditambah. Mulai bulan depan semua petugas di SPBU harus bisa melayani lantaran jumlah kendaraan lima OPD sekitar 140an kendaraan. Ke depan inovasi ini akan dikembangkan bekerja sama dengan SPBU swasta.

Sekretaris Daerah, Tatag Prabawanto mengatakan, e-SPBU memungkinkan pembelian bahan bakar untuk kendaraan dinas namun dengan transaksi nontunai. ‘’Pemerintah mendorong semakin banyak inovasi pembayaran non tunai,’’ kata Sekda.


(Basuni Hariwoto/CN40/SM Network)

Loading...
Komentar