• KANAL BERITA

Belasan Jamban Helikopter Dibongkar

Satpol PP Kota Pekalongan membongkar jamban yang dibangun warga di atas saluran di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur. (suaramerdeka.com/Isnawati)
Satpol PP Kota Pekalongan membongkar jamban yang dibangun warga di atas saluran di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur. (suaramerdeka.com/Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekalongan membongkar 13 jamban ‘’helikopter’’ yang dibangun warga di atas saluran irigasi di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur, kemarin. Petugas Tindak Internal Satpol PP Kota Pekalongan, Subakti mengatakan, jamban yang didirikan di atas irigasi melanggar. Masyarakat harus memiliki jamban di setiap rumahnya. Sehingga lingkungan tidak kumuh dan tidak mengganggu kesehatan masyarakat di lingkungan tersebut.

Satpol PP juga memberikan pembinaan kepada warga dan memasang papan peringatan: Awas Akan Ada Operasi Berak Sembarangan. "Kami ingin masyarakat Kota Pekalongan, khusunya di Kelurahan Gamer ini sadar dan tidak mendirikan jamban atau helikopter lagi. Selain itu, perilaku buang air besar sembarangan harus ditinggalkan," katanya.

Sementara itu, Lurah Gamer, Achmad Anas mengatakan, pembongkaran jamban di atas saluran irigasi dilakukan sebagai tindak lanjut rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan untuk mewujudkan bebas buang air besar sembarangan atau ODF (open defecation free).

Anas mengatakan, jika masih  ditemukan masyarakat buang air besar sembarangan, akan diberi pembinaan oleh kelurahan. Jika masih bandel akan diviralkan dan berlanjut menjadi catatan untuk tidak dapat menerima bantuan dari Pemkot Pekalongan.

‘’Kami akan memonitor dan penindakan. Di RW 2 Kelurahan Gamer sudah kami sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Bahkan, masyarakat menginisiasi program arisan jamban keluarga,’’ katanya.

Sekretaris Kecamatan Pekalongan Timur, Mahbub Syauqi menambahkan, untuk menyukseskan program Kota Pekalongan bebas buang air besar sembarangan, perlu peran serta masyarakat.

‘’Masyarakat saling memberikan peringatan jika ada yang buang air besar sembarangan.  Kecamatan Pekalongan Timur akan mengintensifkan tiga kelurahan yakni Kelurahan Gamer, Klego dan Poncol,’’ pungkasnya.


(Isnawati/CN40/SM Network)