• KANAL BERITA

Bencana Montara Jadi Petaka Lingkungan Lepas Pantai Terbesar Australia

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SYDNEY, suaramerdeka.com - Pembuat film Australia Barat Jane Hammond mengatakan bencana Montara diakui sebagai salah satu petaka lingkungan lepas pantai terbesar di Australia dan beberapa orang bahkan tahu tentang insiden tersebut.

"Tumpahan minyak Montara berdiri sebagai kisah peringatan terhadap kurangnya pengawasan peraturan di Australia, dampak jangka panjang dari polusi minyak dan kegagalan perusahaan untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat atas kerusakan yang mereka timbulkan terhadap mereka," kata Hammond, yang membuat film dokumenter pemenang penghargaan tentang masalah ini, A Crude Injustice.

Diakui Hammond, dirinya melakukan perjalanan ke Timor Barat pada tahun 2015 dan 2016 untuk memfilmkan A Crude Injusticeand tertegun melihat dampak tumpahan minyak ini. Dari kontaknya di wilayah tersebut mengatakan bahwa pertanian rumput laut masih belum pulih dan dampak ekonomi tetap ada.

“Selama petaka Montara, otoritas Australia menuangkan 184.000 liter bahan kimia pendispersi minyak ke dalam tumpahan minyak. Kita tahu dari penelitian di Teluk Meksiko bahwa dispersan ini dapat meningkatkan toksisitas minyak 52 kali. Kami sekarang melihat dampak kesehatan pada orang-orang di Timor Barat yang memiliki kontak dengan laut," tandasnya.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)