• KANAL BERITA

Tim Mahasiswa UPGRIS Lolos Pimnas 2019

Teliti Analogi Temu Manten Pada Pembuahan Ganda

LEPAS TIM: Rektor UPGRIS Muhdi saat melepas tim PKM PSH yang akan berkompetisi dalam Pimnas di Bali. (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)
LEPAS TIM: Rektor UPGRIS Muhdi saat melepas tim PKM PSH yang akan berkompetisi dalam Pimnas di Bali. (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Hasil penelitian Program Kreatifitas Mahasiswa- Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) tentang "Pengaruh Analogi Temu manten pada Pembuahan Ganda terhadap Pemahaman dan Sikap Siswa" berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2019 yang berlangsung di Universitas Udayana, Bali pada 27-31 Agustus mendatang.

Atas kelolosan, UPGRIS kembali mempertahankan tradisi meloloskan mahasiswa ke Pimnas tiap tahun. Tim PKM-PSH Upgris itu berjumlah tiga orang, yakni Siti Mutmainah (ketua pelaksana), Maulina Ainur Rohmah, dan Elfa Mahendra Prameswari. Mereka didampingi dosen pendamping, Eko Retno Mulyaningrum SPd MPd dilepas Rektor UPGRIS Dr Muhdi MHum di kantornya, Kamis (22/8).

"Kelolosan ini, saya anggap tim PKM PSH sudah berhasil. Namun, akan lebih lengkap lagi kalau nantinya bisa meraih hasil terbaik dalam Pimnas di Bali," kata Muhdi saat melepas tim yang hendak berlaga dalam kompetisi Pimnas.

Menurut dia, penelitian ini hasil kolaborasi antara mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) dan Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), UPGRIS. Keberhasilan itu menunjukkan bahwa ilmu tidak bisa disekat. Selain itu, belajar lintas ilmu diperlukan untuk bisa menghasilkan sebuah temuan. 

Di sisi lain, Siti Mutmainah mengatakan, penelitian ini latar belakangnya, karena siswa kesulitan memahami materi pembuahan ganda yang abstrak. Kemudian, rendahnya siap siswa menghargai budaya seperti Temu Manten.

"Kami melakukan penelitian sekitar lima bulan terhadap siswa SMP Muhammadiyah 9 Todanan, Blora. Kesimpulan kami, pembelajaran analogi temu manten berpengaruh terhadap pemahaman dan sikap siswa menghargai budaya daerah," tandas mahasiswa prodi Pendidikan Biologi, UPGRIS tersebut.

Sementara itu, Eko Retno menegaskan, total ada 60 tim, termasuk Siti cs yang berkompetisi dalam Pimnas kategori skema PKM-PSH. Dalam Pimnas kali ini, ada delapan skema yang melibatkan 460 tim.


(Royce Wijaya/CN26/SM Network)