• KANAL BERITA

Semua Kandidat Anggota KIP Jabar Miliki Peluang yang Sama

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Tim Pansel Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jabar menegaskan bahwa sepuluh calon anggota yang telah lolos seleksi mempunyai peluang yang sama dalam proses fit and proper test yang dilakukan DPRD setempat.

"Tak ada istilah di antara mereka merupakan wakil ini wakil itu, semuanya tergantung kepada kepatutan dan kelayakan masing-masing calon," jelas Anggota Tim Pansel, Asep Warlan Yusuf pada program Jabar Punya Informasi (Japri) Gedung Sate Bandung, Kamis (22/8).

Berdasarkan proses seleksi, sepuluh orang dinyatakan lolos seleksi. Mereka adalah Dadan Saputra, Dedi Dharmawan, Deni Yudiawan, Husni Farhan Mubarok, Ijang Faisal, Irianto Edi Pramono, Nuryani, Riva Rahayu, Yudaningsih, dan Zulkarnaen.

Asep Warlan Yusuf meminta masyarakat untuk mempercayakan proses di legislatif. Dia tak menampik kemungkinan keberpihakan dan kepentingan dalam tahapan tersebut. Hanya saja itu tak lebih merupakan affirmatif dewan. "Ketika diusulkan kan bisa saja ada yang tidak fit dan tidak proper," jelasnya.

Ketua Tim Pansel, Rafani Akhyar menambahkan pihaknya menginginkan proses fit and proper test itu dapat segera dilakukan. Diharapkan, tahapan itu tak dilakukan anggota DPRD periode yang baru mengingat baru dilantik awal September mendatang.

Pihaknya pun sudah mendapat respon dari masyarakat terhadap nama-nama yang terpilih. Bahkan mereka disebutnya cukup antusias terutama terhadap urgensi kehadiran lembaga tersebut. "Kebutuhan KIP sudah sangat mendesak terutama dalam menunjang akselerasi pembangunan di Jabar. Jadi tinggal ini prosesnya (fit and proper test)," katanya yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI Jabar itu.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)