• KANAL BERITA

Finalis Duta Wisata Belajar Membatik

 Para finalis Duta Wisata Kota Pekalongan berkunjung ke Omah Kreatif Batik Kauman dalam rangkaian city tour, Rabu (22/8).
Para finalis Duta Wisata Kota Pekalongan berkunjung ke Omah Kreatif Batik Kauman dalam rangkaian city tour, Rabu (22/8).

PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Duapuluh finalis Duta Wisata Kota Pekalongan 2019 mengikuti city tour dengan agenda mengunjungi sejumlah objek wisata di Kota Pekalongan, Rabu (21/8). Salah satunya menimba ilmu dan pengalaman sekaligus belajar membatik.

Mereka diajak mengenal lebih dalam tentang objek-objek wisata di Kota Pekalongan guna meningkatkan pengetahuan mereka tentang wisata di Kota Pekalongan. Beberapa tempat yang dikunjungi para finalis yakni Omah Kreatif Batik Kauman dan Kampung Batik Pesindon.

City tour dilaksanakan usai para finalis tersebut beraudiensi dengan Wali Kota Pekalongan yang diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekalongan Sri Ruminingsih.  Rombongan didampingi para alumni Duta Wisata yang tergabung dalam Asosiasi Duta Wisata Kota Pekalongan (Adwika).

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Nur Slamet mengatakan city tour untuk mengenalkan para finalis mengenai potensi wisata dan budaya di Kota Pekalongan, khususnya batik.

Dalam kegiatan tersebut, para finalis dibekali materi tentang batik dan proses pembuatan batik. Selain itu, mereka praktik langsung membatik di tempat produksi batik.  City tour masuk dalam proses karantina pertama.

"Proses karantina yang dimulai hari ini, masuk ke dalam penilaian juri. Persentasenya sudah diplot. Setelah kegiatan ini ada unjuk bakat, termasuk penilaian dukungan lewat media sosial instagram hingga menuju proses grand final," kata Nur.

Sebelumnya, saat menerima kunjungan para finalis Duta Wisata, Sekda berharap mereka yang terpilih menjadi pemenang bisa menjadi duta wisata yang baik dan membantu mempromosikan Kota Pekalongan.

Mereka berperan aktif dalam mengembangkan potensi pariwisata di Kota Pekalongan ke kancah nasional maupun Internasional.

‘’Kota Pekalongan merupakan kota yang potensial dengan kreativitas tinggi termasuk potensi budaya dan craft, khususnya batik dan kuliner. Kami harap mereka bisa berkontribusi dalam pembangunan kota ini dengan mempromosikan kota agar para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke kota ini,’’ kata Sekda.


(Isnawati/CN34/SM Network)