• KANAL BERITA

Terlelap Tidur, Motor Dicuri Temannya

Tersangka kasus pencurian motor, Sa'dullah (39) alias Dowoh, diinterogasi Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Parimin didampingi Kasubag Humas Polres Pekalongan Kota Iptu Suparji, dalam konferensi pers di Aula Mapolres setempat, Kamis  (22/8).
Tersangka kasus pencurian motor, Sa'dullah (39) alias Dowoh, diinterogasi Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Parimin didampingi Kasubag Humas Polres Pekalongan Kota Iptu Suparji, dalam konferensi pers di Aula Mapolres setempat, Kamis (22/8).

PEKALONGAN, suaramerdeka.com -  Sa’dullah (39) alias Dowoh, Kelurahan warga Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Pekalongan Utara, lantaran diduga mencuri motor milik temannya yang sedang terlelap tidur. Kasus tersebut berhasil diungkap, setelah adanya laporan dari korban, dan dilakukan penyelidikan hingga akhirnya tersangka berhasil dibekuk. Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Parimin, menjelaskan aksi pencurian yang dilakukan Dowoh itu terjadi Rabu, 29 Mei 2019 lalu , bertepatan dengan bulan Ramadan. Pencurian dimaksud, berawal ketika tersangka datang ke rumah korban, Rundiyah (25), warga Kampung Baru Gang Awal, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara. Tersangka sendiri memang sudah kenal dengan paman korban maupun korban.

Modusnya sendiri, pada malam hari itu tersangka datang untuk bermalam atau menginap di rumah korban. Alasannya, tersangka akan berangkat kerja sebagai nelayan atau ikut kapal nelayan ke-esokan harinya. Sementara jarak tempuh rumah korban dengan pelabuhan relatif dekat. Akan tetapi, begitu para penghuni rumah sedang terlelap tidur, tersangka melakukan aksinya. Honda Beat warna putih tahun 2016 nopol G-4385-KH milik korban yang terparkir di ruang tamu, justru dibawa kabur di kegelapan malam, dengan cara membuka paksa pintu rumah korban. "Aksi tersangka baru diketahui korban pukul 03.30 Wib. Saat itu, korban bangun tidur untuk santap sahur. Korban kaget karena mendapati pintu depan rumah sudah terbuka dan sepeda motornya sudah tidak ada," jelas Parimin, dalam konferensi pers. Selanjutnya, Senin (19/8) sekira pukul 08.00 Wib, Unit Reskrim Polsek Pekalongan Utara mendapat informasi bahwa tersangka berikut sepeda motor yang dicuri berada di daerah Talun, Kabupaten Pekalongan.

Anggota Polsek pun melakukan penyelidikan dan pengejaran, sampai kemudian mendapat informasi bahwa tersangka mengendarai sepeda motor tersebut ke arah Kedungwuni. Kemudian, pada pukul 10.00 WIB, anggota mendapati tersangka berada di daerah Podo, Kedungwuni. Tersangka kemudian ditangkap. Barang buktinya juga kita amankan. Sementara, tersangka Dowoh mengaku telah melakukan aksi pencurian itu. Ia juga mengaku kalau sepeda motor tersebut ia curi untuk ia pakai sendiri. "Saya ambil motor itu waktu mau waktu sahur. Motor itu saya pakai sendiri, tidak untuk saya jual," kata tersangka. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP ayat (1), tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun kurungan penjara.


(Kuswandi/CN34/SM Network)