• KANAL BERITA

Atraksi Paramotor Terbang Keliling Kota Wonogiri

KETEK OGLENG : Para penari mengikuti latihan bersama kesenian ketek ogleng menjelang pembukaan Pesta Rakyat dalam rangka HUT Ke-69 Provinsi Jateng di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Kamis (22/8). (SM/Khalid Yogi)
KETEK OGLENG : Para penari mengikuti latihan bersama kesenian ketek ogleng menjelang pembukaan Pesta Rakyat dalam rangka HUT Ke-69 Provinsi Jateng di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Kamis (22/8). (SM/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Atraksi paralayang bermotor akan tersaji saat upacara pembukaan Pesta Rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-69 Provinsi Jateng, di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Jumat (23/8)  ini. Selain itu, pembukaan akan dimeriahkan ratusan penari ketek ogleng.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Suharno mengatakan, beberapa atlet paramotor rencananya terbang berkeliling Wonogiri kota saat upacara pembukaan berlangsung. Atlet paramotor akan meluncur dari puncak Bukit Joglo, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

"Mereka akan terbang keliling. Adapun mengenai rencana Gubernur ikut terbang dengan paramotor, itu nanti tentatif, mengikuti situasi," katanya, Kamis (22/8).

Di sisi lain, upacara pembukaan juga akan diisi dengan penyerahan bantuan untuk pemilik Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Gubernur juga akan menyerahkan medali bagi pemenang Asean Schools Games 2019, pemenang lomba Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan bantuan kursi roda untuk difabel.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera & KPP) Kabupaten Wonogiri Aris Tri Budoyo menambahkan, Pemprov Jateng memberikan bantuan kepada 251 desa di kabupaten tersebut untuk memperbaiki RTLH. "Bantuan diberikan kepada 251 pemerintah desa. Setiap desa menerima bantuan perbaikan tiga unit RTLH," ujarnya.

Selain itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jateng dan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Jateng berencana menyerahkan bantuan untuk memperbaiki RTLH. "Gubernur dijadwalkan meninjau bantuan RTLH di Kelurahan Wonoboyo dan Desa Purworejo (Kecamatan Wonogiri)," terangnya.

Sementara itu, kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri Ismiyanto mengatakan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas selama Pesta Rakyat. Terutama pada acara karnaval budaya, karnaval Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), jalan sehat, dan sepeda santai.

Karnaval Budaya akan mengambil jalur dari jalan Jenderal Soedirman sampai Alun-alun Wonogiri, sehingga jalan tersebut ditutup sementara. "Lalu lintas dari arah selatan dialihkan melalui perempatan Gudang Seng ke barat sampai ke perempatan Ponten. Lalu lintas dari utara dialihkan ke sebelah timur kantor Bupati sampai SMP 6 Wonogiri," terangnya.


(Khalid Yogi/CN34/SM Network)