• KANAL BERITA

Gagal Terpilih, Mayoritas Anggota DPRD Banyumas Lama Tak Hadiri Pelantikan

Budhi Setiawan dan Darisun Ketua Dewan Sementara

KURSI SIDANG: Anggota terpilih DPRD Kabupaten Banyumas periode 2019-2024 menempati kursi sidang di  ruang paripurna usai mengikuti proses pelantikan pengucapan sumpah dan janji. (suaramerdeka.com / Dian Aprilianingrum)
KURSI SIDANG: Anggota terpilih DPRD Kabupaten Banyumas periode 2019-2024 menempati kursi sidang di ruang paripurna usai mengikuti proses pelantikan pengucapan sumpah dan janji. (suaramerdeka.com / Dian Aprilianingrum)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Mayoritas anggota DPRD Banyumas periode 2014-2019 yang gagal terpilih, tidak hadir dalam pelantikan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD periode 2019-2024, di ruang paripurna, Selasa (20/8).

Ada 25 orang anggota DPRD lama yang gagal terpilih kembali di Pemilu Serentak 2019 lalu, dan yang datang memenuhi undangan pelantikan hanya tiga orang. Yakni Sutrisno dari PKS, Jaswanto dari PDI-P, dan Juli Krisdianto, selaku ketua DPRD, karena memimpin rapat paripurna, sebelum palu sidang diserahkan kepada unsur pimpinan DPRD sementara. Juli terpilih lagi, namun untuk anggota DPRD Jateng.

Kursi sidang di bagian tenagh ruang paripurna hanya terisi oleh 25 anggota DPRD lama yang terpilih kembali, mengikuti pelantikan bersamaan dengan anggota terpilih yang baru masuk pada periode ini. Mereka sebelum dilantik, duduk di kursi bagian timur bersama istri atau suami.

Pelantikan ditandai pengucapan sumpah dan janji, dipandu Ketua PN Purwokerto,  Muhammad Arif Nuryanta. Diawali pembacaan SK pengangkatan dari gubernur oleh Sekretaris dPRD, Agus Nur Hadie. Kemudian penadatangan berita acara penatikan oleh dua perwakilan anggota DPRD, yakni Imam Santoso dari PKB dan drg Andrias Kartikosari.

Dalam paripurna peresmian pemberhentian anggota DPRD lama dan peresmian pengangkatan anggota DPRD baru untuk 50 orang ini, juga diumumkan penunjukan pimpinan DPRD sementara.  Ketua DPRD sementara dipegang Budhi Setiawan dari PDIP, di mana partainya peraih kursi terbanyak, sedangkan wakil ketua DPRD sementara, dijabat Ahmad Darisun dari PKB, peraih kursi terbanyak kedua.

Budhi Setiawan, usai pelantikan mengatakan, tugas pimpinan DPRD sementara terdekat, yakni pembentukan fraksi-fraksi, menunggu usulan dari partai, kemudian pengusulan unsur pimpinan DPRD difinitif ke gubernur dan penyusunan tata tertib DPRD, yang akan dibahas pansus.

"Unsur pimpinan DPRD difinitif menunggu usulan dari partai yang memiliki hak untuk unsur pimpinan, terus kita usulkan ke gubernur untuk diambil sumpah lagi. Setelah unsur pimpinan difinitif terbentuk, maka pimpinan DPRD sementara tugasnya berakhir, dan setelah itu dilanjutkan untuk pembentukan alat kelengkjapan DPRD," kata ketua DPC PDI-P banyumas ini.

Dia mengatakan, waktu pembahasan tatib dan pengusulan unsur pimpinan difitif, tergantung dari usulan partai bisa cepat atau tidak. Diharapkan  September akhir sudah ada unsur pimpinan difinitif dilanjut pembentukan alat kelengkapan.


(Agus Wahyudi/CN26/SM Network)