• KANAL BERITA

40 Penyandang Disabilitas Intelektual Terima Bantuan

BANTUAN: Salah satu penyandang disabilitas mendapatkan bantuan kambing dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini di Balai Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok. (suaramerdeka.com / dok)
BANTUAN: Salah satu penyandang disabilitas mendapatkan bantuan kambing dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini di Balai Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok. (suaramerdeka.com / dok)

BANYUMAS, suaramerdeka.com - Sebanyak 40 penyandang disabilitas intelektual dari wilayah Kecamatan Cilongok mendapatkan bantuan kemandirian bantuan program rehabilitasi sosial berbasis keluarga dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini di Balai Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, awal pekan ini.

Kepala BBRSPDI Kartini yang berlokasi di Temanggung, Murhardjani, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengantar menuju kemandirian bagi penyandang disabilitas inetelektual di masyarat. Bantuan kemandirian tersebut berupa bibit ternak, peralatan pembuatan kue, warung sembako, usaha penjualan gas dan usaha tambal ban. "Program ini merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan keberfungsian sosial dan kemandirian bagi penyandang disabilitas intelektual," katanya.

Bantuan disesuaikan dengan minat dan kemampuan para penyandang disabilitas seperti ternak kambing 16 penerima manfaat, ternak ikan 10 orang, ternak entok dan  kelinci tiga orang, jualan sembako dua orang, usaha kue, usaha penjualan gas, warung jajanan dan jus, usaha tambal ban masing-masing satu orang. "Para disabilitas yang mendapatkan paket bantuan kemandirian usaha semoga menjadi stimulan dalam mewujudkan kemandirian," kata dia.

Pada kegiatan ini ikut hadir Kasi Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat Cilongok Luqman Nazarudin bersama Forkopimcam, Kepala Desa sekecamatan Cilongok dan undangan lainya. Sejumlah penyandang disabilitas didampingi kader dari komunitas yang tergabung dalam Mitra Kurir Langit seperti LBS dan Gumelar.

Gina salah satu penerima manfaat mengaku senang mendapat bantuan dan pendampingan dari relawan pendamping sehingga mampu membuat kue kering. Dengan tidak sungkan Gina menawarkan kue karyanya kepada undangan seusai kegiatan.


(Susanto/CN26/SM Network)