• KANAL BERITA

Para Prajurit Diminta Kenang Jasa Para Pahlawan

Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan Indonesia

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KLATEN, suaramerdeka.com - Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar Kodim 0723/Klaten denganmelaksanakan upacara di halaman Makodim dengan Irup Mayor Inf Sapto Budi dan selaku Komandan Upacara Lettu Arh Warsono, Sabtu (17/8).

Upacara yang diikuti Prajurit dan PNS Kodim 0723/Klaten berlangsung sangat hikmat dan berjalan dengan lancar. Usai pengibaran bendera dilakukan pembacaan proklamasi dan pembacaan UUD 1945 oleh Serda Wiratno, berlanjut pembacaan amanat Pangdam IV Diponegoro oleh Kasdim lalu diakhiri dengan doa.

Dalam amanat Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi yang dibacakan oleh Mayor Saptyo Budi disampaikan, melalui peringatan ke-74 kemerdekaan Negara ini, seluruh prajurit agar dapat mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga, merebut, menegakkan serta mempertahankan Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Pangdam, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, akan senantiasa memegang teguh komitmen sesuai tugas dan kewajiban yang diamanatkan dalam tugas Undang-undang yaitu menjaga kedaulatan Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, menjadi prioritas utama di lingkungan Kodam IV Diponegoro guna membentuk SDmM Prajurit yang unggul dan memiliki sikap serta kepribadian berdedikasi, jujur, inovatif, tekun dan ulet. “Dirgahayu Republik Indonesia ke 74, SDFM Unggul Indonesia Maju, NKRI tetap utuh, pembangunan Maju dan rakyat sejahtera," katanya.

Selesai pelaksananaan upacara di Makodim 0723/Klaten seluruh prajurit dan PNS lantas melanjutkan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Kabupaten Klaten.


(Red/CN26/SM Network)