• KANAL BERITA

Hadapi Sampah, Tim KKN II Undip Inisiasi Kegiatan Gencar Pilah

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Masalah sampah telah menjadi sorotan di Desa Muncar sendiri mengingat adanya objek Wisata Curug Lawe yang telah tercemar limbah sampah. Salah satu kelompok mahasiswa KKN Undip yang berlokasi di Kabupaten Temanggung Kecamatan Gemawang Desa Muncar telah melakukan kegiatan yang dinamai Gencar Pilah(Gerakan Muncar Pintar Kelola Sampah) yakni sebuah program yang berkonsep tentang pengolahan sampah.

Dengan melihat permasalahan Desa Muncar dalam menghadapi sampah, tim berinisiatif memberdayakan masyarakat guna lebih pintar dalam mengelola sampah rumah tangganya. Beberapa cara dan terobosan kreativitas  telah dicoba dalam pelaksanaan Gencar Pilah untuk dapat memberdayakan masyarakat Desa Muncar.

Langkah awal adalah melakukan sosialisasi mengenai sanitasi yang baik guna mengurangi limbah aliran sungai dan budaya buang air besar sembarangan. Upaya ini dilakukan guna mendukung program ODF (Open Defecation Free) oleh pemerintah Kabupaten Temanggung yang berupa gerakan untuk menuntaskan masyarakatnya terkait BAB sembarangan yang masih banyak dilakukan.

WC 'ngumpet' yang dapat diartikan sebagai WC sembunyi karena jamban tidak memiliki septic tank melainkan aliran limbah diarahkan langsung ke sungai juga masih ditemui di beberapa rumah warga. Dampak dari buruknya sanitasi oleh tinja dan limbah rumah tangga dirasa merugikan lingkungan dari segi estetika dan kesehatan. Hadirnya Gencar Pilah diharapkan mampu menggerakan masyarakat lebih memahami kesehatan lingkungan.

Pada tahap berikutnya, beberapa terobosan kreativitas coba diberikan mahasiswa KKN Undip Tim II 2019 dengan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair MOL (Mikroorganisme Lokal), RPL (Rumah Pangan Lestari), pembuatan teh dari kulit ari kopi yang sering tidak termanfaatkan, dan recycle art. Kreativitas dan inovasi yang coba diberikan mahasiswa telah mendapat sambutan keingintahuan masyarakat yang tinggi.

Desa yang telah mampu mengatasi permasalahan mendasar seperti sampah dan limbah diproyeksikan dapat bergerak untuk membenahi permasalahan lain dan berorientasi memajukan sektor lainnya terutama pariwisata. Harapannya, Desa Muncar mampu mandiri dalam pengolahan sampah untuk menunjang potensi wisata yang ada di wilayahnya.


(Red/CN26/SM Network)