• KANAL BERITA

Penutupan TPS Kartasura, Tunggu Semua Desa Siap

BUANG SAMPAH : Petugas sampah membuang sampah di TPS Kartasura dari desa/kelurahan di Kecamatan Kartasura. (suaramerdeka.com / Ari Welianto)
BUANG SAMPAH : Petugas sampah membuang sampah di TPS Kartasura dari desa/kelurahan di Kecamatan Kartasura. (suaramerdeka.com / Ari Welianto)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Pemerintah Kecamatan Kartasura terus mematangkan rencana penutupan depo atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah Kartasura. Penutupan akan dilakukan setelah semua desa siap lokasi pembuangan sampah sementara. "Sudah ada desa yang siap untuk menyediakan infrastruktur pembuangan sempat sementara. Penutupan TPS Kartasura terus kami persiapkan dan matangkan," ujar Camat Kartasura, Suyadi Widodo, Kamis (15/8).

Desa yang siap, seperti Gumpang, Makamhaji, Pabelan atau Wirogunan. Ada pun desa yang sudah berjalan, Ngadirejo, sedangkan desa yang lain masih dirapatkan di internal untuk masalah ini. "Saya terus 'menguyak-uyak' pak kepala desa (kades) dan pak lurah untuk segera mempersiapkan lokasi pembuangan sementara. Saya harap, 1 September nanti semua sudah berjalan di desa/kelurahan masing-masing," ungkap dia.

Untuk sementara ini pembuangan masih dilakukan di TPS, jika semua desa/kelurahan sudah siap lokasinya nanti TPS akan ditutup. Jika penanganan sampah di masing-masing desa pastinya akan efektif, pemantauannya pun akan maksimal. Jadi ke depan itu pembuangan sampah di Kecamatan Kartasura dipecah tidak lagi di TPS atau depo tapi di desa.

"Kalau di TPS itu pengawasannya sulit, karena yang buang tidak hanya masyarakat Kartasura saja tapi juga diluar wilayah. Kalau di desa bisa diawasi masing-masing masyarakatnya dan tahu siapa-siapa saja yang membuang sampah di sana," katanya.

Camat mengatakan alasan penutupan TPS Kartasura ini lantaran pemerintah kecamatan Kartasura kesulitan menangani. "Untuk data pelanggan ada tapi saat mengecek ke bawah itu kesulitan. Di sana itu ada 33 kali pengangkutan, tapi itu tidak seimbang dengan pembuangan sampah dari masyarakat," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agustinus Setiyono mengatakan untuk penutupan TPS Kartasura menunggu kesiapan dari desa-desa. Tiap desa harus punya lokasi pembuangan sampah sementara dan tidak lagi dibuang ke TPS lagi.

"Kami masih menunggu kesiapan di desa dulu. Di sana harus siap dulu, jangan sampai TPS ditutup dan di desa belum siap maka sampah akan dibuang ke mana. Jadi kalau bisa penanganan sampah itu berhenti di desa, maka bisa meminimalisir pembuangan ke TPA, " tandasnya.


(Ari Welianto/CN26/SM Network)