• KANAL BERITA

HUT Ke-74 RI, PT KAI Gratiskan Semua Kereta Api Lokal

Termasuk Prameks, Kalijaga dan Kedungsepur

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tarif Rp 0 untuk tiket KA Prameks relasi Solo-Jogja-Kutoarjo PP dan KA Batara Kresna relasi Solo-Wonogiri PP.

Selain KA Prameks dan Batara Kresna, pihak perseroan juga menggratiskan semua kereta api lokal/komuter bersubsidi (PSO) dan perintis yang beroperasi di berbagai wilayah untuk semua relasi. Seperti KA Perintis Kertalaya, KA Lembah Anai, KA Cut Meutia, KA Minangkabau Ekspres, dan LRT Sumsel.

Lalu KA lokal Kalijaga relasi Solobalapan-Semarang Poncol PP dan KA Kedung Sepur (Ngrombo-Semarang Poncol PP). Kemudian, KA Cibatuan, KA Siliwangi, KA Cilamaya/Cepat Purwakarta, KA Walahar Ekspres/Ekonomi Lokal, KA Patas Merak/Merak Jaya, dan KA Jatiluhur untuk semua relasi di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

KRD Ekonomi, KA Jenggala, KA Dhoho, KA Panataran, KA Tumapel, KA Pandanwangi, dan KA Ekonomi Lokal untuk semua relasi di Jawa Timur. KA Sibinuang, KA Srilelawangsa, KA Seminung, KA Way Umpu, KA Siantar Ekspres untuk semua relasi di Sumatera. Menurut pejabat humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Rabu (14/8), masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta tersebut untuk perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Meski gratis, kata Eko, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp nol yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

Bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh hari dengan tarif normal, lanjut dia, bisa mengambil bea tiket itu di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan kereta. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket, boarding pass atau e-boarding pass pada petugas di stasiun.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)