• KANAL BERITA

Jangan Rusak Generasi Muda dengan Konflik Ideologi dan Politik Aliran

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah bersikap benar, dengan mempertahankan Enzo Zenz Allie (18), pemuda Indonesia berdarah Prancis sebagai taruna di Akademi Militer (Akmil).

Inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu juga meminta semua pihak agar jangan merusak generasi muda dengan konflik ideologi dan politik aliran yang selalu main belakang dalam politik formal. "Saya tidak kenal (Enzo). Tetapi karena saya pernah menjadi Panja Undang-Undang Imigrasi yang senapas dengan UU Kewarganegaraan, saya ingin sedikit memberi catatan," ucapnya.

Lanjut Pimpinan DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu, dirinya tidak kenal Enzo Zenz Allie tapi kenal Clovis yang sama-sama berdarah campuran, saat sebagai Ketua Panja UU Imigrasi UU No.6/2011. Saat itu, Fahri mengaku mengenal dan belajar banyak dari warga negara Indonesia yang menikah dengan warga negara asing.

"UU kewarganegaraan dan UU Imigrasi melalui Panja DPR RI mengadakan dengar pendapat dengan mereka. Lalu, UU memberikan pilihan kepada mereka setelah umur 18 tahun mau memilih menjadi warga negara Indonesia atau warga negara asing, karena kita tidak menganut kewarganegaraan ganda (dual citizenship). Enzo Zenz Allie dan Clovis telah memilih menjadi WNI. Sesuatu yang hebat," ucap Anggota DPR RI dari Dapil NTB itu.

Mengapa ini hebat? Karena, menurut Fahri menjadi warga negara Perancis adalah warga negara yang penuh kemudahan dan jaminan. Satu yang pasti, paspor kita akan menjadi paspor yang mendapat kemudahan visa ke seluruh dunia, juga mendapat 'baik sangka' sebagai warga dunia kelas satu.

"Takdir mengantarkan mereka menjadi anak dari pernikahan campuran warga negara. Bahkan juga berbeda agama, Clovis beragama Katolik dan Enzo Zenz Allie nampaknya beragama Islam. Enzo berpendidikan dasar di Perancis dan Clovis berpendidikan lanjutan di sana. Keduanya WNA," tutup Fahri Hamzah.


(Mahendra Bungalan/CN26/SM Network)