• KANAL BERITA

BPBD Gelontorkan Bantuan Air Bersih ke Warga

BANTU AIR BERSIH: Sukarewalan PMI Kabupaten Demak bersama BPBD setempat membantu air bersih untuk warga Desa Kedondong, Kecamatan Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)
BANTU AIR BERSIH: Sukarewalan PMI Kabupaten Demak bersama BPBD setempat membantu air bersih untuk warga Desa Kedondong, Kecamatan Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak bersama PMI setempat menyalurkan air bersih ke Desa Kedondong, Kecamatan Demak, kemarin. Bantuan sebanyak 50 liter air tersebut dikirim menggunakan 5 unit tangki air yang dilakukan sebanyak dua kali pengiriman.

Kadatangan truk tangki yang membawa air disambut seratusan warga yang telah meletakan jerigen di depan rumah mereka. Beberapa di antaranya diletakan di satu lokasi. Petugas pun membagi wilayah distribusi ke 5 titik guna mempercepat proses bantuan.

Kepala Pelaksana Harian, BPBD Kabupaten Demak, Agus Nugroho LP mengatakan, bantuan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan warga menyusul terjadinya kekurangan air bersih lantaran sumur-sumur warga mengering.

Penyaluran bantuan dilakukan setelah adanya permintaan yang disampaikan pihak desa kepada BPBD Kabupaten Demak. "Semua kami mengirimkan 5 tangki yang masing-masing berisi 5.000 liter. Namun ternyata masih kurang sehingga dua kali pengiriman," katanya.

Kelima truk tangki tersebut, 4 berasal dari BPBD dan 1 milik PMI Kabupaten Demak. Selama seminggu terakhir, pihaknya telah menyalurkan air bersih ke sejumlah desa, di antaranya adalah Desa Raji, Kecamatan Demak dan Desa Pasir, Kecamatan Mijen.

Menurutnya, dibanding tahun lalu jumlah desa yang mengalami kekurangan air bersesih cenderung menurun.  Tahun 2018, hampir separuh kecamatan mengajukan bantuan hingga pihaknya meminta dukungan distribusi dari Pemprov Jateng, BUMD, BUMD dan sejumlah instansi termasuk partisipasi masyarakat.

Sementara itu sejumlah sukarelawan PMI bukan hanya ikut membantu penyaluran air bersih ke Desa Kedondong, tetapi juga ikut membawakan jerigen milik warga lansia.

Sekretaris PMI Kabupaten Demak, Didit Ariyanto menuturkan, para sukarelawan PMI yang diterjunkan dalam penyaluran bantuan air memiliki sikap peduli yang tinggi. Untuk itu selain membantu warga agar mendapatkan air bersih juga meringkan warga lanjut usia dengan membawakan jerigen yang telah terisi penuh ke rumah mereka.


(Hasan Hamid/CN39/SM Network)