• KANAL BERITA

Menunaikan Haji, Tiga Anggota DPRD Demak Tak Hadiri Pelantikan

Fahrudin Bistri Slamet Ketua Sementara

DILANTIK: Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Demak, Agam Syarief Baharudin memandu pengucapan sumpah janji anggota legislatif Demak pada pelantikan DPRD periode 2019-2024 di Gedung DPRD Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)
DILANTIK: Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Demak, Agam Syarief Baharudin memandu pengucapan sumpah janji anggota legislatif Demak pada pelantikan DPRD periode 2019-2024 di Gedung DPRD Demak, kemarin. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com – Tiga caleg DPRD Kabupaten Demak yang terpilih hasil pemilu 2019 tidak hadir pada pelantikan anggota legislatif periode 2019-2024, Rabu (14/8). Mereka tidak hadir lantaran sedang menunaikan ibadah haji.

Ketiganya adalah Nur Susaktiyo dari PKB, Jayadi dari Partai Gerindra, serta Farodli dari PAN. Adapun 47 caleg terpilih lainnya mengikuti pelentikan yang berlangsung di Gedung Rapat Paripurga DPRD Demak.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji jabatan yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Demak, Agam Syarief Baharudin.

Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Kabupaten Demak masa jabatan 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Demak itu dipimpin Ketua DPRD periode 2014-2019, Nurul Muttaqin.

Acara dihadiri Bupati Demak Muhammad Natsir, Wakil Bupati Joko Sutanto, pimpinan Forkopimda, Sekda Singgih Setyono, Kepala OPD dan tokoh masyarakat.

Terhadap tiga anggota dewan yang belum dilantik, menurut Plt Sekwan DPRD Demak, AN Nur Wahyudi akan dilantik menyusul sepulangnya dari ibadah haji. "Pengucapan sumpah janji ketiganya akan dipandu oleh Ketua DPRD devinitif, namun terkait waktu segera dijadwalkan setelah mereka kembali ke Tanah Air," katanya.

Selain pelantikan anggota legislatif, juga ditetapkan Pimpinan sementara DPRD yang terdiri atas dua orang berkedudukan sebagai ketua dan wakil ketua. Penentuan tersebut mendasarkan perolehan kursi suara terbanyak pertama dan kedua. Menjabat sebagai ketua sementara adalah Fahrudin Bisri Slamet dari PDIP dan wakil ketua sementara Zayinul Fata dari PKB.

Peralihan pimpinan ditandai dengan penyerahan palu sidang dari ketua DPRD yang lama kepada ketua sementara DPRD Demak.

Sementara itu Bupati Demak Muhammad Natsir yang membacakan sambutan Gubernur Jateng meminta agar anggota DPRD yang baru dilantik dapat langsung tancap gas.

"Segera tancap gas dalam menjalankan amanah rakyat, jaga sumpah janji yang telah diucapkan dan segera menyesuaikan dengan wewenang, tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat," katanya.

Menurutnya untuk menjalankan amanat mulia dari rakyat memerlukan kerja keras, penuh dedikasi, tanggung jawab dan komitmen dalam menjunjung tinggi integritas," tuturnya.

Ketua DPRD Demak sementara, Fahrudin Bisri Slamet menyampaikan akan segera membahas tatib serta menyusun alat kelengkapan dewan. Dari 50 anggota legislatif hasil pemilu tahun ini, sebanyak 28 orang merupakan anggota lama yang kembali terpilih. Adapun 22 orang lainnya merupakan anggota baru.


(Hasan Hamid/CN39/SM Network)