• KANAL BERITA

Dewan Harus Bisa Buat Aturan yang Menyejahterakan Rakyat

Foto: RRI
Foto: RRI

BANTUL, suaramerdeka.com - Wakil Bupati Bandul Abdul Halim Muslih mengatakan, dalam melaksanakan tugas, khususnya dalam pembuatan peraturan daerah dan pengawasan seyogyanya dilakukan anggota dewan secara konstruktif. Semua itu dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang efektif dan mampu menjawab permasalahan yang ada di masyarakat sekaligus memberi solusi.

"Harapan saya, dengan adanya sinergi antara legislatif dan eksekutif bisa dilakukan secara optimal. Jadi sekali lagi dalam UU Pemerintah Daerah tidak dikenal adanya oposisi, karena legislatif daerah merupakan unsur penyelenggara pemerintah daerah. DPRD itu masuk penyelenggara pemerintah," katanya menanggapi pelantikan 45 anggota DPRD Kabupaten Bantul periode 2019-2024, kemarin.

Dengan pelantikan wakil rakyat, politisi PKB itu berharap, dalam UU Pemerintah Daerah tidak mengenal adanya opsisi, DPRD bagian dari pemerintah. Perbedaan pendapat hal yang biasa untuk menghasilkan kebijakan yang terbaik.

Hakim menyatakan, suatu perbedaan pendapat adalah hal yang biasa justru dengan perbedaan pendapat itu nantinya akan ada konsolidasi untuk memutuskan kebijakan yang terbaik dan optimal. "Perbedaan pendapat atau kebijakan sesuatu yang biasa, semua itu untuk menemukan sebuah kebijakan yang terbaik," katanya.

Wakil Bupati Bantul yang digadang-gadang maju dalam Pilkada Bantul 2020 sebagai calon bupati ini juga mengkritik adanya tradisi atau kebudayaan molor jadwal sidang-sidang di DPRD Bantul yang melibatkan eksekutif, sehinga anggota yang baru terlantik ini ada komitmen baru untuk melaksanakan sidang-sidang sesuai dengan waktu yang ditentukan dan jangan sampai molor berjam-jam.

"Karena apa, baik eksekutif dan legislatif molor maka kegiantan lainnya juga akan terganggu. Pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan juga akan terganggu, Kami akan membuat komitmen terhadap anggota yang baru saja dilantik untuk komitmen dengan berbagai agenda sidang atau rapat komisi agar tidak terganggu kegiatan lainnya," katanya.


(Sugiarto/CN26/SM Network)