• KANAL BERITA

Tim KKN Undip dan Warga Desa Cukilan Buat Spot Foto Wisata Kekinian

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Satu Obyek wisata baru kini hadir di Desa Cukilan, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Sebuah lahan yang dikelilingi persawahan di Dusun Banjaran Gunung telah disulap menjadi spot foto yang menarik dan kekinian. Obyek wisata ini dinamakan Krikilan dan mulai dibuka awal Agustus 2019 ini.

Sejumlah spot foto unik berlatar pemandangan alam tersedia di Krikilan ini, di antaranya gapura, ayunan, dan hammock. Spot - spot foto ini dirancang Karang Taruna Dusun Banjaran Gunung beserta KKN Tim II Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2019 di bawah bimbingan Dr. Ir. Suryanti, M.Pi.

Selain itu, juga bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Objek wisata ini diresmikan langsung oleh Kepala Desa Cukilan, M. Rozikin, S.H, pada 8 Agustus 2019.

"Harapannya supaya wisata ini lebih berkembang sehingga jumlah wisatawan semakin meningkat dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Cukilan. Kami juga berencana untuk menambahkan beberapa wahana  seperti taman bermain untuk anak - anak, gazebo, dan flying fox," tutur Kepala Desa Cukilan, M. Rozikin, S.H.

Menurut Rohman Afandi, anggota Karang Taruna Dusun Banjaran Gunung, pengembangan potensi desa wisata ini dapat mengubah pola pikir masyarakat Desa Cukilan.

"Dengan dikembangkannya potensi pariwisata yang ada di desa ini, dapat menyadarkan masyarakat dengan budaya baru. Masyarakat lebih peduli dengan lingkungannya, lebih terbuka juga akan peluang ekonomi kreatif yang tentunya sangat bagus karena sebelumnya mayoritas masyarakat hanya mengandalkan perekonomian dari bercocok tanam padi. Dampak positif lainnya dari pengembangan objek wisata Krikilan ini, merubah pola pikir masyarakat untuk lebih berani mengeksplor potensi yang ada di desa serta lebih aktif berdiskusi dalam mengelola objek pariwisata ini dengan manajemen yang baik dan terus tumbuh ke depannya," ujarnya.

Salah satu keunikan dari spot foto di Krikilan adalah gapura yang dirancang menggunakan anyaman bambu, yang produksinya cukup banyak di Desa Cukilan. Maklum sebagian masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin anyaman bambu. Pengelola wisata Krikilan masih terus berbenah untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata di wilayah tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang diminati wisatawan.

 


(Red/CN26/SM Network)