• KANAL BERITA

Warga Terdampak TPA Kalijurang Keluhkan Sikap Kurang Peduli Pemkab Brebes

SAMPAIKAN KELUHAN : Perwakilan warga, Warsono menyampaikan keluhan dampak negatif TPA pada FGD di Kantor Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes. (suaramerdeka.com / Teguh Inpras)
SAMPAIKAN KELUHAN : Perwakilan warga, Warsono menyampaikan keluhan dampak negatif TPA pada FGD di Kantor Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes. (suaramerdeka.com / Teguh Inpras)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Warga terdampak tempat pembuangan akhir (TPA) Kalijurang di Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes, mengeluhkan sikap kurang peduli Pemkab Brebes terhadap  warga sekitar TPA.

"Kami tidak menuntut kompensasi. Yang dibutuhkan warga adalah program pendampingan dan  pemberdayaan. Selama ini tidak ada," kata seorang warga, Warsono saat Fokus Grup Discussion (FGD) "TPA di Kalijurang Harus Bagaimana" di Kantor Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes, Selasa (13/8).

Warsono mengemukakan sejak TPA berdiri 1999, pemkab dinilai tidak memberi perhatian kepada warga. Padahal jarak TPA dengan permukiman terdekat hanya 100 meter.Menurut dia, selama 20 tahun TPA berdiri, warga terdampak bau, lalat dan sampah beterbangan menutupi lahan produktif. "Sebagaimana masyarakat lainnya, kami juga ingin hidup sehat," ujar Warsono.

Dia mengungkap sejumlah warga di sekitar TPA juga menderita penyakit gatal-gatal."Memang kita belum tahu apakah itu dampak dari TPA atau bukan. Makanya kami berharap ada pemeriksaan medis kepada mereka," ujarnya.

FGD digelar Pemerintah Desa dan Forum Kesehatan Kalijurang menyikapi keluhan masyarakat di sekitar TPA Kalijurang. Hadir Camat Cecep A Suganda, Kapolsek Kompol Sapari, Kepala Puskesmas dr Ida Rahmawati dan Kepala Lingkungan Hidup UPTD Wilayah Bumiayu Sudradjat.  Sebelum FGD digelar, peserta meninjau TPA Kalijurang.

Kepala Puskesmas Tonjong dr Ida Rahmawati mengatakan secara umum TPA Kalijurang perlu pembenahan."Misalnya dari sisi lingkungan, perlu penghijauan. Yang paling penting pengelolaan sampah jangan sampai dibakar," kata dia.

Merespon keluhan kesehatan warga, Ida segera membentuk tim untuk melakukan screening kesehatan warga sekitar TPA Kalijurang."Untuk memastikan secara medis apakah penyakit yang diderita warga bersumber dari TPA atau bukan," katanya.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Kantor Lingkungan Hidup (LH) Bumaiyu Sudrajat mengatakan hasil FGD akan ditindaklanjuti ke pimpinannya. "Ini masukan yang sangat berharga untuk pengelolaan TPA yang lebih baik," ujarnya


(Teguh Inpras Tribowo/CN26/SM Network)