• KANAL BERITA

Siswa Disabilitas Unjuk Karya Lewat Media Grafiti

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia Tahun 2019, sejumlah siswa disabilitas akan menunjukkan karya mereka melalui media grafiti. Kegiatan kreatif ini diinisiasi untuk memberi ruang khususnya bidang seni rupa kepada penyandang disabilitas.

Tajuk event ini digagas Komunikotavisual dengan tema "DiARTbilitas, Karya Kita untuk Indonesia", yang bertujuan bahwa semua warga masyarakat berhak dan ikut serta merayakan HUT Republik Indonesia yang diperingati setiap bulan Agustus lewat beragam cara dan media. Kegiatan digelar Rabu (14/8) mulai pukul 09.30 hingga 11.00 WIB di lokasi di Tanarata Art Space, Mojosongo atau sebelah utara Griya PMI Mojosongo (timur SMU Negeri VIII Surakarta).

Basnendar Herry Prilosadoso selaku founder Komunikotavisual menuturkan, dalam kegiatan ini, para peserta akan menggambar di media triplek berukuran panjang 6 m dan tinggi 1 m di area lokasi terbuka akan memberi pengalaman tersendiri bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut.

"Peserta aksi ini ini adalah siswa SLB Panca Bhakti Mulia, Mojosongo yang berjumlah sekitar 20 anak yang akan menuangkan ide dan ekspresi secara bebas dengan tema hari kemerdekaan bangsa Indonesia lewat cat tembok dengan pigmen warna yang beragam," kata Basnendar.

Tanarata Art Space ini berupa lahan tanah kosong berukuran 127 meter persegi didirikan Komunikotavisual sebagai media beraktivitas dan berjejaring khususnya bidang seni rupa dan desain serta terbuka dengan bidang lainnya.

"Selain itu, lewat aksi seni ini bisa juga sebagai alternatif terapi bagi siswa penyandang disabilitas untuk bersosialisasi dan berkreativitas melayu seni grafiti," tandas Basnendar.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)