• KANAL BERITA

Dosen Pendidikan Biologi UIN Walisongo Raih Gelar Doktor di UNS

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Nur Khasanah meraih gelar Doktor Ilmu Pendidikan setelah mengembangkan model pembelajaran biologi berbasis Discovery Based Unity of Sciences (DBUS) pada Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret (UNS). Selasa (13/8).

Di hadapan sidang terbuka senat UNS yang dihadiri delapan penguji yang merupakan para pakar di bidang pendidikan biologi, Nur Khasanah berhasil mempertahankan disertasi berjudul "Pengembangan Model DBUS Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Personal Religious Belifes pada Mata Kuliah Biologi Umum"

Dalam paparannya, Nur Khasanah menyampaikan bahwa model pembelajaran DBUS dikembangkan dengan tujuan agardapat menjadi model pembelajaran yang mampu mengintegrasikan ilmu agama dan sains Biologi yang efektif.

Hal tersebut diupayakan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa yang sejalan dengan nilai-nilai keislaman.  "Implikasi teoritis dan praktis pada penelitian ini sejalan dengan visi besar UIN Walisongo Semarang, yaitu integrasi Ilmu Pengetahuan," kata dia.

Lewat bimbingan Promotor Prof. Dr. rer. Nat Sajidan, M.Si, Nur Khasanah telah berhasil melakukan percobaan efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis mahasiswa, objek penelitian tersebut ialah mahaiswa jurusan Biologi di UIN Walisongo Semarang dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian dapat memacu mahasiswa berpikir kritis dalam mengintegrasikan islam dan ilmu-ilmu modern, khususnya di bidang biologi," tambah Dosen Jurusan Pendidikan Biologi ini.

Setelah sukses dikembangkan pada level perguruan tinggi negeri, model pembelejaran juga sedang diterapkan Guru-guru mata pelajaran Biologi di Madrasah-madrasah di Kota Semarang. Diharapkan model pembelajaran ini dapat mewarnai khasanah keterpaduan Ilmu Modern dan Ilmu agama dalam konsep Unity of Sciences.

Turut hadir dalam ujian sidang terbuka Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo, Dr. Ruswan, M.A, Kaprodi Pendidikan Biologi Siti Mukhlishoh, M.Si, dan Kaprodi Ilmu Biologi Kusrinah, M.siserta para Dosen di Lingkungan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

 


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)