• KANAL BERITA

Mimpi Warga Tejosari Bangun Masjid Terwujud

Peresmian Masjid Ash Shoffat Banyumanik

Peresmian Masjid Ash Shoffat di Jalan Tejosari Raya, Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik Semarang ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Imam Ihwandi mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (suaramerdeka.com/Pamungkas Suci Ashadi)
Peresmian Masjid Ash Shoffat di Jalan Tejosari Raya, Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik Semarang ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Imam Ihwandi mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (suaramerdeka.com/Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Orang yang membangun masjid maka akan dibangunkan rumah di surga. Impian itulah yang selama ini diperjuangkan warga di Jalan Tejosari Raya, Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik Semarang. Mereka berhasil mewujudkan impian membangun Masjid Ash Shoffat dan diresmikan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Imam Ihwandi mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, baru-baru ini.

Dalam peresmian Masjid Ash Shoffat dihadiri Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Arja' Imroni, Camat Banyumanik, Maryono, Lurah Gedawang, Mulyantoro, Ketua Takmir Masjid Ash Shofat, Basuki Setyo Argo, Ketua LPMK sekaligus Penasehat Ta'mir Masjid, Mursyid dan seluruh warga Tejosari Gedawang.

Lengkapi Masjid atau Mushola Anda dengan Kitab Suci Al Quran

Jangan Lupa Lengkapi Masjid atau Mushola dengan Alat Salat Macam Mukena

Ketua Takmir Masjid Ash Shofat, Basuki Setyo Argo mengatakan, sejarah pembangunan Masjid Ash Shoffat berawal dari mimpi beberapa warga Tejosari yang ingin memiliki masjid. Sebab waktu itu untuk melaksanakan ibadah jarak masjid cukup jauh. Maka beberapa warga merapatkan barisan untuk membangun masjid. Kemudian pada 2015 warga berswadaya membeli lahan dari pengembang perumahan Syailendra Residence.

"Selama empat tahun warga Tejosari Kelurahan Gedawang swadaya membangun masjid. Dipilih nama Masjid Ash Shoffat sesuai di dalam Al-Quran dan berawal dari mimpi warga yang merapatkan barisan untuk mewujudkan impianya. Antusias warga sangat tinggi. Hingga saat ini pembangunan baru mencapai progres 80 persen dan menghabiskan dana Rp 2 milyar. Walau pun belum jadi sempurna tapi sudah bisa digunakan untuk salat Idhul Adha dan diresmikan," ujarnya.

Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Imam Ihwandi, mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya membacakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mengapresiasi kepada semua pihak yang memiliki prakarsa untuk pembangunan masjid. Peresmian masjid Ash Shafat merupakan bagian untuk memakmurkan dan menyebarkan nilai-nilai keIslaman kepada seluruh umat.

Menurutnya, semua umat harus mendukung dan menjadikan masjid sebagai sarana pusat kajian ilmu agama. Diharapkan para santri mau pun umat muslim lainya bisa memberikan kedamaian dan menjalin ukhuwah Islamiyah. Selain itu, tugas umat muslim untuk memakmurkan masjid setelah selesai dibangun. Untuk memakmurkan Masjid Ash Shoffat dengan shalat berjamaah, tilawah al-quran, mengajarkan ilmu agama dan berbagai edukasi positif lainnya.

"Jangan sampai setelah dibangun masjid tetapi malah sepi jamaah. Termasuk kebersihan masjid juga perlu diperhatikan agar terhindar dari kotoran mau pun gangguan lainya. Tak hanya itu, kami yakin antara ulama dan umara di wilayah Gedawang memiliki kerja sama yang baik. Dengan berdirinya masjid bisa mewujudkan kedamaian, ketentraman serta keamanan. Kemudian dengan memakmurkan masjid secara bersama, bisa menolak aliran sempalan dan gerakan sekuler," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Arja' Imroni, dalam tausiyahnya mengatakan, beruntung dan bahagia bagi orang yang ikut andil dalam pembangunan Masjid ash Shoffat. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad, Allah akan membangunkan rumah di surga bagi orang yang membangun masjid.

"Maka berbahagialah bagi orang yang ikut andil dalam pembangunan masjid. Sabda Nabi barangsiapa yang membangun masjid karena untuk mendapatkan ridha Allah, maka allah menjanjikan rumah di surga. Termasuk Masjid Ash Shoffat tepat di hari Arofah. Semoga Masjid Ash Shoffat bisa seramai seperti orang-orang yang berkumpul di Arofah," ujar KH Arja' Imroni.


(Pamungkas Ashadi/CN40/SM Network)