• KANAL BERITA

Terlalu Berat Bagi Penyelenggara, KPU Batang Usulkan Pemilu Serentak Untuk Dikaji Ulang

Ketua KPU Batang Nur Tofan memberikan piagam penghargaan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 kepada Ketua Bawaslu Acmad Suharto. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Ketua KPU Batang Nur Tofan memberikan piagam penghargaan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 kepada Ketua Bawaslu Acmad Suharto. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG,suaramerdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Nur Tofan mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat, agar Pemilu serentak dikaji ulang.

Hal itu disampaikan berdasarkan masukan, saran dan kritik dari stakeholder maupun masyarakat yang meminta agar Pemilu yang akan datang, tidak dilaksanakan serentak dalam lima jenis pemilihan.

“Masukan yang kita terima dari masyarakat antara lain terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, tidak dilaksanakan serentak lima jenis, yaitu Pilpres, Pileg, dan Dewan Perwakilan Daerah. Karena hal itu dinilai terlalu berat bagi penyelenggara,” ujar Nur Tofan kepada wartawan, usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019, yang dilaksanakan di Hotel Dewi Ratih Batang, Rabu (7/8).

Ia berharap, masukan dan kritik maupun saran dari pihak-pihak terkait bisa menjadi dasar dalam pelaksanaan pemilu selanjutnya. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan pada pemerintah agar Pemilu serentak yang akan datang, agar dikaji ulang karena masyarakat kesulitan untuk menentukan pilihannya dan juga terlalu berat bagi penyelenggara pemilu, terutama petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Menyinggung pelaksanaan Pemilu seretak 2019 di Batang, Nur Tofan mengatakan, pelaksanaan berjalan lancar, aman dan tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Juga untuk partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019, naik sekitar 82 persen atau melebihi target yang ditentukan KPU pusat sebanyak 77,5 persen.

“Kini, tahapan Pemilu 2019 (sesuai regulasi), tinggal menyelesaikan satu tahapan lagi, yaitu pelantikan anggota terpilih DPRD Kabupaten Batang periode 2019 - 2024," kata Nur Tofan.


(Kasirin Umar/CN39/SM Network)