• KANAL BERITA

Siap Lelang, Konsep Pasar Klewer Ramah Lingkungan

LAHAN KOSONG :  Lahan kosong bekas Pasar Klewer sisi timur. (suaramerdeka.com / Yusuf Gunawan)
LAHAN KOSONG : Lahan kosong bekas Pasar Klewer sisi timur. (suaramerdeka.com / Yusuf Gunawan)

SOLO, suaramerdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR ) tengah menyiapkan lelang revitalisasi Pasar Klewer sisi timur bulan ini, menyusul kabar dispensasi penyelenggaraan lelang diterbitkan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Heru Sunardi mengatakan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR  sudah mengajukan izin dispensasi agar lelang bisa dilaksanakan dulu, sembari menunggu izin kontrak multiyears  (tahun jamak) dari Menteri. ‘’Sebab anggaran pembangunannya sudah ada," terang Heru, Jumat (2/8).

Jika skenario penyelenggaraan lelang yang disusun Kementerian PUPR  berjalan lancar, tender itu bisa diselenggarakan bulan ini. "Lelang revitalisasi Pasar Klewer ini akan dibarengkan dengan belasan pasar tradisional lain di Indonesia, dan didasari peraturan presiden (Perpres)."

Revitalisasi Pasar Klewer sisi timur bakal dilakukan bertahap hingga 2020, dengan periode kontrak tahun jamak ( multiyears ). Tahap pertama berakhir 2019, dilanjutkan tahap kedua pada 2020. "Dengan metode  multiyears , revitalisasi bisa lebih terjamin. Begitu tahun anggaran (TA) 2019 selesai dan tahap kedua akan dimulai, kontraktor tinggal melanjutkan pekerjaan. Kementerian tidak perlu menyelenggarakan lelang lagi," kata Heru.

Ada pun kebutuhan anggaran revitalisasi Pasar Klewer sisi timur bertambah sekitar Rp 2,5 miliar menjadi Rp 60,5 miliar. Sebelumnya total kebutuhan anggaran diprediksi Rp 58 miliar. Seluruh beaya revitalisasi itu bakal dibebankan dalam APBN 2019.

Heru menjelaskan, penambahan anggaran senilai Rp 2,5 miliar guna mengakomodasi konsep pasar ramah lingkungan yang dikembangkan Kementerian PUPR . Nantinya bangunan Pasar Klewer bakal dilengkapi ornamen dari batu andesit, serta aksesori pelengkap ruang terbuka hijau.

Adapun revitalisasi tahap pertama yang berlangsung tahun ini akan dikonsentrasikan kepada pembangunan lantai <I>basement<P> dan pengerjaan sebagian lantai semi <I>basement<P>. Tahun berikutnya adalah penyelesaian lantai semi  basement  dan pengerjaan lantai satu.


(Agustinus Ariawan/CN26/SM Network)