• KANAL BERITA

Karding : Calon Menteri Tak Sekedar Muda

foto: istimewa
foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anggota Fraksi PKB DPR RI Abdul Kadir Karding berpendapat, banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi calon menteri di kabinet pemerintahan Jokowi pada periode mendatang. Menurutnya, calon menteri tidak sekedar muda seperti yang tengah ramai dibicarakan.

 

"Jadi istilah dalam kriteria kementerian yang beliau (Presiden Jokowi, red) sampaikan itu, inginnya (calon menteri) adalah orang yang muda, kedua, eksekutorial,  jadi dia bisa mengeksekusi semua langkah," kata Karding dalam diskusi dengan tema "Menteri Muda, Rekonsiliasi atau Balas Budi?' di kompleks parlemen, Kamis (1/8/2019).

Mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) ini juga menyebut, Jokowi juga mensyaratkan menteri yang memiliki manajerial yang baik. Artinya seluruh kegiatan, seluruh program harus punya ukuran-ukuran dan dilaksanakan secara efisien dan produktif. "Itu disebut manajer," ujar Karding.

Dia menambahkan, calon menteri juga harus memiliki kepemimpinan yang kuat. Karena, menurut Karding, jika memimpin sebuah departemen atau kementerian hanya mengedepankan model rutinitas dan formalitas maka tidak akan berjalan efektif. "Jangan lupa dunia berubah drastis dan globalisasi ini tidak menentu ukurannya. Oleh karena  itu  kecepatan, penguasaan teknologi, sumber daya manusia itu menjadi kata kunci untuk kita bisa kompetitif," tegas Karding.


(Mahendra Bungalan/CN34/SM Network)