• KANAL BERITA

KPU Kab Semarang Tetapkan 50 Caleg DPRD Terpilih

HASIL REKAPITULASI: Komisioner KPU Kabupaten Semarang bergantian membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara dan kursi caleg DPRD Kabupaten Semarang ketika Rapat Pleno Terbuka di Gedung Balerung PP-PAUDNI Ungaran. (suaramerdeka.com / Ranin Agung)
HASIL REKAPITULASI: Komisioner KPU Kabupaten Semarang bergantian membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara dan kursi caleg DPRD Kabupaten Semarang ketika Rapat Pleno Terbuka di Gedung Balerung PP-PAUDNI Ungaran. (suaramerdeka.com / Ranin Agung)

UNGARAN, suaramerdeka.com - KPU Kabupaten Semarang, Senin (22/7) malam, menetapkan 50 orang calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Semarang hasil Pemilu 2019. Hal itu, ditetapkan melalui Keputusan KPU Kabupaten Semarang Nomor : 100/PL.01.9.Kpt/3322/KPU-Kab/VII/2019.

“Berita acara sudah ditandatangani, di dalamnya ada penetapan jumlah kursi untuk masing-masing partai politik dan calon terpilih. Termasuk perolehan suaranya,” katanya, usai Rapat Pleno Terbuka di Gedung Balerung PP-PAUDNI Ungaran, Senin (22/7) malam.

Data yang dihimpun menyebutkan, PDIP memperoleh kursi paling banyak yakni 16 kursi. Kemudian disusul PPP (enam kursi), PKB (lima kursi), Partai Gerindra (empat kursi), Partai Golkar (empat kursi), PKS (empat kursi), PAN (empat kursi), Nasdem (tiga kursi), Hanura (dua kursi), dan Partai Demokrat (dua kursi). Rincian tadi, tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Semarang Nomor : 99/PL.01.9.Kpt/3322/KPU-Kab/VII/2019.

Setelah rapat pleno kemarin, sesuai dengan PKPU Nomor 5 menurut Maskup, berita acara yang sama secepatnya akan disampaikan ke Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Semarang untuk dilakukan peresmian atau pelantikan. “Pelantikannya kapan, itu bergantung provinsi. Berkas ini secepatnya bakal kita kirim ke Bupati Semarang untuk disampaikan ke Gubernur,” terangnya.

Mewakili Bupati Semarang, Sekda Gunawan Wibisono mengatakan, Pemkab Semarang dan masyarakat Kabupaten Semarang menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja KPU Kabupaten Semarang yang telah menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilu 2019 secara profesional sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Apresiasi juga kami sampaikan ke kepada Bawaslu, TNI, Polri yang telah bersinergi dalam melakukan pengawasan dan pengamanan setiap tahapan pelaksanaan Pemilu,” kata Sekda.

Dinamika yang terjadi sebelum, pada saat, dan setelah Pemilu 2019, lanjut dia, setidaknya perlu dijadikan pengalaman yang berharga sekaligus untuk bahan evaluasi di masa yang akan datang. Kepada caleg terpilih, menurutnya ini merupakan representasi dan amanat dari masyarakat Kabupaten Semarang yang wajib disyukuri, diemban, serta dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.


(Ranin Agung/CN26/SM Network)