• KANAL BERITA

Kelas Prenatal, Salah Satu Non Fisik TMMD Reguler Tegal

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

TEGAL, suaramerdeka.com -  Upaya menurunkan AKB (Angka Kematian Ibu) AKB (Angka Kematian Bayi) di wilayah Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten melalui UPT Puskesmas Suradadi, menggelar kegiatan kelas ibu hamil (kelas prenatal) di Balai Desa Jatimulya, Minggu (21/7/2019).

Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan pembangunan non fisik TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, melalui penyuluhan. Hal ini dibenarkan Koordinator Puskesmas, Sri Darningsih, S.Sit.

Dikatakannya bahwa, kematian ibu dan bayi biasanya terjadi saat proses persalinan/melahirkan dan sering menimpa masyarakat ekonomi lemah ataupun pengetahuan Ibu Hamil (Bumil) yang rendah, sehingga perlunya diberikan pembekalan terkait kehamilan, hypnobirthing untuk ibu yang akan melahirkan, cara menyusui, memerah ASI dan penyimpanannya yang benar serta bahaya ibu nifas.

Disamping itu juga diberikan edukasi tentang perawatan bayi baru lahir, tanda bahaya pada bayi baru lahir, pengenalan alat kontrasepsi beserta efek sampingnya dan juga Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Pihaknya juga rutin mendampingi Bumil melaksanakan senam hamil atau yoga prenatal untuk relaksasi dan menyiapkan fisik ibu.

Keracunan kehamilan, pendarahan saat persalinan, gagal napas, berat badan lahir rendah, adalah beberapa faktor penyebab kematian bayi. Hal ini bisa dicegah asalkan Bumil rutin memeriksakan kesehatan diri dan janin berkesinambungan.

“Kami berharap dengan kelas ini dapat menambah pengetahuan selama kehamilan, persalinan dan perawatan pasca persalinan, sehingga AKI dan AKB dapat diminimalisir,” jelasnya kepada para ibu-ibu setempat dengan didampingi Babinsa Jatimulya Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi. 


(Red/CN34/SM Network)