• KANAL BERITA

Lilik Jalan Kaki Yogyakarta-Jakarta

Wujudkan Nadzar Amien Rais

Lilik Yuliantoro / jogjainside.com
Lilik Yuliantoro / jogjainside.com

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa waktu lalu tokoh PAN, Amien Rais pernah menyatakan akan berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta kalau Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI. Namun hal itu tak pernah terlaksana hingga kemarin pemuda asal Blora, Jawa Tengah, mewujudkan pernyataan Amien dengan berjalan kaki Yogyakarta-Jakarta.

Sebelum memulai jalan kaki yang dimulai dari Tugu Yogyakarta, Lilik Yuliantoro, nama pemuda tersebut, berbincang-bincang dengan wartawan dan warga. Ia menyatakan terketuk hatinya sehingga berniat mewujudkan nadzar Amien Rais.

 ''Sebagai anak muda saya terpanggil menggantikan beliau (Amien Rais-Red) memenuhi nadzar jalan kaki. Ini benar-benar tulus dan ikhlas dari hati yang paling dalam, biar Pak Amien beristirahat di rumah,'' tandas Lilik yang beberapa waktu lalu juga pernah berjalan kaki dari Blora ke Jakarta.

Laki-laki kelahiran Blora, 3 Juli 1991 tersebut menuturkan hanya berbekal uang Rp 50.000, air mineral, baju, bendera merah putih dan tulisan yang dikalungkan di leher. Tulisan kertas yang berlapiskan plastik tersebut ''Aksi Jalan Kaki Jogja-Jakarta .Menggantikan Nadzar Amin Rais''. Ia memerlukan waktu 22 hari agar bisa sampai di Jakarta.

Ia sudah terbiasa berjalan kaki jarak jauh dan juga biasa tidur di pinggir jalan atau di masjid. Beristirahat di mana saja tak jadi soal asal bicara baik-baik dan minta izin dari warga tempat ia merebahkan badan. Kalau pun tak ada orang, ia bisa tidur di emperan toko.

Indonesia Bersatu

Sebelum memulai aksinya jalan kaki, ia sudah mempersiapkan diri secara wajar. Tidak ada persiapan khusus. Dorongan semangat supaya Indonesia bersatu yang membuatnya begitu bertekad melakukan aksinya. Ia ingin menemui para tokoh bangsa dan minta supaya mereka bersatu-padu membangun Indonesia.

''Rencananya nanti mau lewat Magelang, Temanggung, menyusuri jalur alternatif ke arah barat menuju Jakarta. Saya sudah pelajari rutenya, mudah-mudahan lancar sampai Jakarta,'' tutur Lilik yang mengenakan ikat kepala hitam.

Setiba di Jakarta, ia ingin menemui Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Amin Rais untuk menyampaikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh proses politik yang melelahkan dan menguras tenaga sudah habis, presiden terpilih juga sudah ditetapkan, sekarang waktunya membangun bangsa dan negara.

''Kalauada kesempatan dan diizinkan, saya mau menyampaikan surat dari Dilan untuk Milea ke Presiden. Ini ibaratnya surat cinta dari rakyat,'' selorohnya sembari tersenyum.


(Agung Priyo Wicaksono/CN42/SM Network)