• KANAL BERITA

Budaya Langsir Batu Estafet TNI Diadopsi Warga Jatimulya Tegal

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

TEGAL, suaramerdeka.com – Edukasi Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal dalam upayanya mengeraskan jalan pertanian masyarakat berupa makadam sepanjang 1,6 kilometer dengan lebar 3 meter di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sangat menginspirasi penduduk setempat dalam melakukan pekerjaan.

Hal ini terlihat saat masyarakat secara kompak tanpa dikomandoi oleh anggota Satgas TMMD, melaksanakan langsir batu secara estafet, Jumat (19/7).

Salah satu masyarakat yang dimintai tanggapannya terkait hal ini adalah Darto (57), buruh tani setempat, Dukuh Sigerung. Dikatakannya bahwa, warga selama ini melihat dan mencontoh apa yang dilakukan anggota Satgas dalam pekerjaan tersebut, sehingga cara gotong-royong itu langsung menjadi acuan karena memang hasilnya lebih efisien dan maksimal.

"Sungguh sangat menginspirasi pak, ternyata dengan cara ini memperingan pekerjaan," ujarnya.

Dikatakannya juga, kedepan dirinya tidak akan memanggul rumput lagi saat jalan becek di musim hujan. Tak lupa Darto mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan yang sedang dilakukan di dukuhnya, termasuk pengaspalan sepanjang 310 meter lebar 2,5 meter di depan SDN Jatimulya 03 serta makadam lainnya yaitu sepanjang 702 meter lebar 3 meter, tepat di gang sebelah barat SD tersebut.

TMMD Reguler Tegal mencoba menghidupkan kembali budaya gotong-royong masyarakat pedesaan yang juga menjadi ciri khas bangsa, yang sudah mulai luntur. Ini pula merupakan keberhasilan TNI-AD dalam memberdayakan wilayah masyarakat guna menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai komponen utama pertahanan di darat.


(Red/CN39/SM Network)