• KANAL BERITA

Niat Haji Harus Diutamakan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang terus memantau, memeriksa kesiapan, dan mengecek kesehatan calon haji (calhaj) yang akan diberangkatkan pada 30 Juli 2019 mendatang. Kepada seluruh calhaj asal Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 81, 82, 83, dan kloter sapu jagat 96, Kepala Kemenang Kabupaten Semarang, Muhdi senantiasa mengingatkan agar mereka mengutamakan niat menunaikan haji.

“Calhaj sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, jadi jangan sampai salah niat yang dapat mengakibatkan ibadahnya menjadi tidak sempurna,” katanya, Kamis (18/7).

Pada musim haji 2019, Kemenag Kabupaten Semarang hendak memberangkatkan sebanyak 617 orang calhaj. Kloter 81 rencananya ada tiga orang jamaah, kloter 82 sebanyak 352 orang jamaah, kloter 83 sebanyak 227 orang jamaah, dan kloter 96 atau kloter sapu jagat sebanyak 29 orang jamaah.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pihaknya menyinyalir masih dijumpai calhaj yang membawa obat-obatan untuk dijual selama di tanah suci. Yang seperti itu, Muhdi menilai, niat seorang calhaj sudah berbeda.

Belum lagi, ada calhaj yang percaya cerita jika berhasil membawa tanah atau batu dari tanah suci bisa memiliki atau mendapat karomah tertentu. “Hal yang semacam itu agar dihindari dan jangan dilakukan oleh calhaj,” tandasnya.


(Ranin Agung/CN26/SM Network)