• KANAL BERITA

Pilpres Hadirkan Ketegangan yang Cukup Menggelisahkan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengakui, Pilpres 2019 telah menghadirkan ketegangan yang cukup menggelisahkan banyak orang, terutama karena terjadinya polarisasi masyarakat. Ragam eksesnya sudah menjadi pengetahuan bersama, termasuk akar persoalannya. Semua peristiwa itu hendaknya menjadi pembelajaran bagi semua komunitas agar di kemudian hari tak berulang.

Pasca Pilpres, lanjutnya, semua berharap polarisasi itu diakhiri.  Dan, inisiatif mengakhiri polarisasi itu idealnya diambil dan diprakarsai oleh para tokoh. Harapan masyarakat itu sudah dikabulkan, karena baik Jokowi maupun Prabowo sudah mengambil prakarsa itu dengan menyuarakan pesan damai dari Stasiun MRT Lebak Bulus.

Persoalan berikutnya adalah seberapa kuat pesan damai yang disampaikan Jokowi-Prabowo itu akan bertransmisi ke akar rumput? Tentunya sangat bergantung pada niat baik dan ketulusan semua komunitas menanggapi pesan itu. Memang, ada saja kelompok yang menunjukan sikap tidak senang dengan pertemuan Jokowi-Prabowo itu.

Tetapi, Bamsoet, sapaannya, meyakini sebagian besar komunitas mendukung dan mengapresiasi pesan damai dari kedua tokoh itu.  "Pertemuan itu setidaknya bisa menghilangkan kegelisahan sejumlah elemen masyarakat yang mendambakan terwujudnya harmonisasi kehidupan bermasyarakat," katanya.


(Mahendra Bungalan/CN26/SM Network)