• KANAL BERITA

Publikasi Pembangunan di Jatimulya Tegal Prima Karena Didukung Data Akurat

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

TEGAL, suaramerdeka.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD Reguler ke-105 Kodim 0712 Tegal, di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, baru saja dibuka oleh Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, Bsc (11/7) di lapangan desa.

Sasaran pokoknya adalah pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan total panjang 3.470 meter dengan lebar 2,5-3 meter. Perinciannya adalah makadam titik I sepanjang 1.668 m x lebar 3 m dan titik II 790 m x lebar 3 m, pengaspalan jalan lapen titik I 310 m x lebar 2,5 m dan titik II 702 m x lebar 3 m. Sedangkan untuk sasaran tambahan berupa rehab 21 RTLH milik warga setempat.

Tidak hanya melakukan pembangunan fisik saja, namun desa juga dibangun melalui sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, edukasi pemutaran film serta humanis kemasyarakat. Disamping sasaran itu, pembangunan juga dilakukan melalui dunia maya melalui media-media rekanan kodim yang turut mensukseskan pembangunan di Tegal.

Disampaikan Serma Aan Setyawan, anggota jurnalistik TMMD Kodim Tegal, pembangunan sektor ini tak kalah pentingnya. “Melalui publikasi, diharapkan potensi-potensi masyarakat dan wilayah Jatimulya dapat diketahui orang banyak sehingga mendorong investor masuk ataupun bantuan datang,” ungkapnya, Jumat (12/7).

Guna mendukung publikasi yang prima, mutlak diperlukan keakuratan data di lapangan. Oleh karenanya, diperlukan pengumpulan data-data otentik agar tidak terjadi pemberitaan asal-asalan atau hoax. Nampak Aan sedang mendata baik demografi, tipologi wilayah maupun kondisi sosial masyarakat melalui perangkat desa dan data di kantor desa setempat.

“Kita tidak ingin berita asal-asalan dan bahkan bersifat hoax, makanya saya berkoordinasi dengan perangkat desa setempat guna mendapatkan informasi yang akurat,” ungkapnya. 


(Red/CN39/SM Network)