• KANAL BERITA

Lestarikan Budaya, Hadroh Persit Tegal Manggung di Jatimulya Suradadi

Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

TEGAL, suaramerdeka.com – Hadroh Persit KCK Cabang XXII Dim 0712 Tegal, dipentaskan menghibur para pejabat di lingkungan Pemprov Jateng, Kodam IV Diponegoro, Korem 071 Wijayakusuma serta tamu undangan, saat melakukan ramah tamah dengan masyarakat Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Hadroh binaan Ketua Persit, Ny. Candra Tilaar Richard Arnold Yeheskiel ini, membawakan lagu-lagu dengan nuansa islami di Balai Desa Jatimulya. Kamis (11/7/2019).

Diungkapkan Kepala Staf Kodim (Kasdim), Mayor Infanteri Akhmad Aziz, kesenian tradisional dengan alat musik rebana ini patut untuk terus dijaga dan dikembangkan.

“Selain pementasan tari gambyong dan kesenian calung, hadroh juga kami berikan ruang agar lebih dikenal khususnya para pejabat maupun tamu undangan yang datang,” katanya.

Ditambahkannya, kesenian ini cocok dipentaskan di Jatimulya karena 12.295 jiwa penduduknya mayoritas yang beragama islam dan bisa menjadi media syiar melalui syair sholawat dan lagu islami yang dibawakan.

Hadroh biasanya dimainkan saat pengajian, maulid dan perayaan-perayaan hari besar islam. Namun dewasa ini, hadrah telah berkembang pesat di masyarakat Indonesia sebagai musik untuk mengiringi pesta pernikahan, sunatan, kelahiran bayi, acara festival seni musik islami, kegiatan ekstrakulikuler di sekolahan, pesantren, remaja masjid, majelis taklim serta menyambut tamu kehormatan.


(Red/CN39/SM Network)