• KANAL BERITA

Pupuk Jiwa Nasionalisme, Tentara Latih Pegawai Kejaksaan Baris Berbaris

BARIS BERBARIS: Babinsa Kodim 0734/Yogyakarta tengah melatih pegawai Kejati DIY di halaman Kejati DIY, Kota Jogja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
BARIS BERBARIS: Babinsa Kodim 0734/Yogyakarta tengah melatih pegawai Kejati DIY di halaman Kejati DIY, Kota Jogja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Semangat nasionalisme selalu digelorakan para tentara di seluruh sendi kehidupan dan lapisan masyarakat, termasuk di kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) sekalipun. Seperti yang diperlihatkan dua Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Gondokusuman Serka Lilik dan Sertu Indriarta yang melatih baris berbaris (PBB) pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kebetulan Kejati DIY akan melaksanakan HUT Kejati jadi beberapa pegawainya kebagian tugas sebagai petugas upacara dan kami latih mereka," tutur salah satu babinsa yang menjadi instruktur Serka Lilik, Jumat (12/7).

Dia menambahkan, latihan PBB ini juga diperlukan untuk menambah kedisiplinan pegawai Kejati selain untuk mewujudkan jiwa nasionalis sejak dini agar terwujud kebersamaan dan kekompakan. "Termasuk juga dalam rangka membentuk sikap, kedisiplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa  tanggung jawab sejak dini," tutur dia.

Serka Lilik mengungkap pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris(PBB) diberika sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang terutama karyawan agar memiliki disiplin yang tinggi. "Di sinilah langkah awal bagi pegawai dan karyawan untuk mengenalkan kedisplinan,ketaatan dan suatu latihan awal untuk membela Negara  melalui kepatuhan di bawah kepemimpinan," paparnya.

Sementara itu Danramil 03/Gondokusuman Kapten Inf Surono menambahkan dengan diberinya latihan PBB kepada karyawan dan karyawati di lingkungan pegawai Kejati diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari di kantor maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Peraturan Baris Berbaris(PBB) juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi lingkungan pegawai yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong jiwa tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi menyesuaikan dg seni kepemimpinan yg ada di satuan perkantoran," tandas Kapten Surono.


(Gading Persada /CN26/SM Network)