• KANAL BERITA

Tandon PDAM Mati, Warga Dusun Ngotet Lor Pakai Air Embung

BANTUAN AIR : Bantuan air bersih dua tangki untuk warga Ngotet Lor Desa Ngotet Kecamatan Rembang Kota. (suaramerdeka.com / Mulyanto Ari Wibowo)
BANTUAN AIR : Bantuan air bersih dua tangki untuk warga Ngotet Lor Desa Ngotet Kecamatan Rembang Kota. (suaramerdeka.com / Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka.com - Warga Dusun Ngotet Lor, Desa Ngotet, Kecamatan Rembang Kota terpaksa menggunakan air embung untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari lantaran tandon air umum PDAM mati total, dalam beberapa hari. Saat mengalir pun warga harus antre bergadang untuk mendapatkan air bersih.  Padahal aliran air PDAM seret, sehingga banyak warga tidak kebagian.  Sebagian yang lain terpaksa menggunakan air embung untuk mendapatkan air bersih.

Jumini, salah satu warga mengatakan sudah sejak Juni pedukuhannya mengalami kekeringan. Tandon air umum PDAM jarang mengeluarkan air. ''Ini saja baru dua hari ini keluar air. Tapi juga sedikit. Sebelumnya tandon air umum mati total, kami terpaksa menggunakan air embung. Meskipun sedikit berwarna hijau,'' terang dia.

Dia menambahkan di Dusun Ngotet Lor hanya ada dua tandon air umum. ''Sementara sumber mata air lain juga tidak ada di dusun kami. Terpaksa warga satu dusun antri untuk mendapatkan air,'' jelas dia. 

Kepala Desa Ngotet, Nandari mengatakan debit air di dua tandon air itu sangat sedikit karena pipa PDAM yang masuk sangat kecil. ''Karena pipa kecil, air yang mengarah ke Dusun Ngotet Lor ini juga sangat sedikit. Kami berharap ada upaya perbaikan pipa PDAM di sini agar air bagi warga Ngotet Lor bisa lebih besar,'' tegas dia.

Pihak desa sudah berusaha untuk mencarikan sumber air bawah tanah bagi warga. Namun, belum berhasil menemukan. ''Kami sudah berusaha mencari di sejumlah titik. Namun belum bisa menemukan sumber air bawah tanah,'' jelas dia.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Pramujo mengatakan hingga kemarin pihaknya masih belum mendapatkan pengajuan dari desa terkait permohonan bantuan air bersih.

Dia menegaskan BPBD Kabupaten Rembang siap untuk memberikan bantuan air bersih apabila masyarakat sudah sangat membutuhkan. ''Kalau masyarakat sudah membutuhkan, akan kami agendakan penyaluran bantuan air bersih. Sampai hari ini belum ada desa yang mengajukan bantuan,'' terang dia.


(Mulyanto Ari Wibowo/CN26/SM Network)