• KANAL BERITA

Kementan Serahkan Bantuan Bibit Ayam pada 7.412 RTM di Batang

FOTO BERSAMA: Sekretaris Daerah (Sekda), Nasikhin (empat dari kanan), foto bersama dengan jajaran Badan Litbang Pertanian Kabupaten Batang. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)
FOTO BERSAMA: Sekretaris Daerah (Sekda), Nasikhin (empat dari kanan), foto bersama dengan jajaran Badan Litbang Pertanian Kabupaten Batang. (suaramerdeka.com / Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja), menyerahkan bantuan 370.600 ekor DOC atau bibit ayam kampung unggul, kepada 7.412 Rumah Tangga Miskin (RTM) di dua kecamatan, Bawang dan Reban, Kabupaten Batang.

Setiap RTM akan mendapatkan 50 ekor DOC (Day Old Chicken), anak ayam unggul berumur kurang dari 14 hari, hasil inovasi Balai Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Badan Penelitian Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Batang, Nasikhin saat membuka sosialisasi program Bekerja mengatakan, bantuan DOC merupakan yang pertama kali mendapatkan. Kalau RTM yang menerima bantuan bisa berhasil, akan menduplikat di kecamatan lain.

"Kita akan lihat keberhasilan dari RTM. Kalau bisa mengurangi kemiskinan, bisa menduplikasi di kecamatan lainnya. Semoga Kementerian Pertanian bisa memperluas bantuannya," kata Nasikhin di aula Kantor Bupati Batang, Kamis (11/7).

Sekda menambahkan, dalam kelancaran distribusi bantuan ayam harus ada keamanannya, sehingga ayam tidak mati. Kalaupun ada yang mati tidak semua, dan ada penganti sebagai cadangan. "Saya minta harus ada pendampingan dari Dinas Peternakan, agar penerima bibit ayam bisa berhasil dan dapat meningkat kesejahteraannya," ujar Nasikhin.

Ia juga meminta agar program Bekerja bisa berhasil, maka harus ada komitmen bersama. Yaitu, koordinasi yang mantap antar stakeholder, perlunya sosialiasi dan diseminasi yang efektif serta akurasi data, agar tidak diprotes bagi yang tidak menerima bantuan. "Penting pula kelancaran distribusi bantuan serta pendampingan RTM, karena hal ini merupakan hal yang baru dan perlu adanya bimbingan teknis," tambah Nasikhin.

Koordinator Badan Litbang Pertanian Kabupaten Batang, Mulyana Hadi Pranata mengungkapkan, distribusi bantuan akan dilakukan secara bertahap dan dengan treatment khusus, sehingga ayam tetap dalam kondisi baik saat diberikan. "Kita lakukan verifikasi data terlebih dahulu, kemudian distribusi secara bertahap dari pakannya dulu yang akan didistribusikan pada 5 Agustus mendatang," ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya akan memberikan pendampingan langsung kepada penerima bantuan. Tidak hanya itu pemerintah juga akan memberikan bantuan pakan selama empat bulan, vaksin, pendampingan teknis dan juga bantuan kandang ayam. "Tentu pendampingan kita lakukan, dan yang diterjunkan untuk melakukan pendampingan sudah dilatih pada bimtek, serta beberapa unsur masyarakat desa, penyuluh dinas, TKSK dan PKH," tandasnya.


(Kasirin Umar/CN26/SM Network)