• KANAL BERITA

Ide Inovatif yang Dihasilkan Produk Nanobiosilika Sangat Bagus

Bahan Baku dan Produk Ramah Lingkungan

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala BB Pascapanen, Dr. Prayudi Syamsuri mengungkapkan keunggulan produk nanobiosilika yaitu bahan baku yang digunakan dan produk yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Proses produksinya menggunakan energi yang lebih rendah dan dapat dihasilkan dua jenis produk sekaligus (nanobiosilika cair dan serbuk), serta performa dan harga produk akhir dapat bersaing dengan produk komersial yang ada di pasaran. “Keunggulan-keunggulan inilah yang kami tawarkan melalui ajang IID 2019 untuk menarik minat industri dan pasar Eropa,” ungkapnya.

Anja Petschauer, Direktur Pemasaran Saarland Economic Promotion Corporation, menuturkan ide inovatif yang ditawarkan produk nanobiosilika sangat bagus karena sejalan dengan perhatian serius Eropa saat ini dan ke depan terkait dampak aktivitas dan penggunaan produk industri terhadap lingkungan.

Ia meyakini poduk nanobiosilika dari sekam padi akan diminati industri Eropa, baik produsen ataupun pengguna silika, karena tidak hanya dapat memberikan keuntungan ekonomi, juga yang tak kalah penting memberikan “greener branding” pada produknya.

Dari sisi teknis, Joachim Boes, ahli pengujian ban dari tec4U Ingenieurgesellschaft mbH, yang berkunjung ke arena IID 2019 mengatakan pengembangan produk nanobiosilika ini sudah on the right track karena silika berperan penting menurunkan tahanan luncur (rolling resistance) ban, namun tetap memberikan daya cengkram yang baik pada jalan yang basah.

Situs resmi produsen ban Michelin, menyebutkan penggunaan silika mampu menurunkan gaya gesek ban pada permukaan jalan sebesar 20% bahkan lebih. Pengurangan gaya gesek 20 persen setara penghematan bahan bakar lima persen. “Mengingat lebih dari satu milyar ban diproduksi per tahun di dunia, potensi manfaat ekonomi dan lingkungan dari produk nanobiosilika akan sangat besar,” ungkap Joachim.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)