• KANAL BERITA

Pemenang Siap Bantu Disporapar Promosikan Pariwisata

Pemilihan Putera-Puteri Kampus UPGRIS

HIBUR PENONTON: Para finalis Putera-Puteri Kampus UPGRIS menghibur penonton di Balairung, Kamis (11/7).  (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)
HIBUR PENONTON: Para finalis Putera-Puteri Kampus UPGRIS menghibur penonton di Balairung, Kamis (11/7). (suaramerdeka.com / Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar pemilihan putera-puteri kampus dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-38 UPGRIS di Balairung, Kamis (11/7). Kegiatan rutin tahunan ini bukan hanya memilih putera-puteri kampus yang akan jadi Duta UPGRIS. Namun, pemenangnya akan diproyeksikan membantu kegiatan olahraga maupun promosi pariwisata yang dilakukan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng.

"Sudah menjadi komitmen, kami tahun ini (2019- ) berkolaborasi dengan Disporapar Jateng. Khususnya pemenang ajang ini, mereka akan diminta membantu Disporapar Jateng dalam rangka mengembangkan promosi pariwisata," kata Rektor UPGRIS Dr Muhdi MHum di sela-sela pemilihan putera-puteri kampus.

Dalam ajang ini, perwakilan Disporapar pun telah dilibatkan sebagai salah satu tim juri. Harapannya, putera-puteri terpilih nantinya bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh dinas tersebut. Menurut dia, UPGRIS memilih sosok mahasiswa dan mahasiswi yang sesuai dengan kriteria tertentu. Bukan saja cantik dan ganteng, tapi mereka harus percaya diri, cerdas, dan berkepribadian baik.

"Mereka 35 finalis ini sebelumnya telah diberikan pelatihan, seperti cara bersikap, bertutur kata, dan berlenggak-lenggok di catwalk. Paling tidak mereka sudah siap dengan penampilannya di babak final," tandas Muhdi.

Antusiasme penonton pemilihan ajang ini cukup tinggi, mereka memadati kursi di lantai satu dan dua Balairung. Selain mahasiswa UPGRIS, duta kampus lain juga diundang seperti dari Unnes, Unisulla, Poltekes Semarang, STIE Bank Jateng, Universitas Muria Kudus (UMK), dan Duta Museum Jateng.

Ketua Panitia Pemilihan Putera-Puteri Kampus UPGRIS, Prasetyo MPd mengatakan, para finalis ini merupakan mahasiswa terpilih. "Mereka ini mampu melewati proses seleksi yang diikuti 142 mahasiswa di lingkungan UPGRIS," katanya.

Dari 35 finalis, kemudian disaring jadi 18 orang untuk dites kemampuannya dengan cara menjawab pertanyaan dari tim juri. Tampil sebagai juara I putera Muhammad Kharis Munawir (Prodi Pendidikan Jasman Kesehatan dan Rekreasi/ PJKR) dan puterinya, Ulfatul Laili Nur Latifah dari (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ PGSD). Juara favoritnya, Yusuf Main (putera) dan Candra Ariyani (puteri).


(Royce Wijaya/CN26/SM Network)