• KANAL BERITA

Asita Soloraya Sambut Baik Kunjungan 170 Wisatawan Tiongkok

WISATAWAN ASING : Penyambutan wisatawan dari Tiongkok di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. (suaramerdeka.com / dok)
WISATAWAN ASING : Penyambutan wisatawan dari Tiongkok di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Ketua Asita Soloraya Pri Siswanto dan Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono menyambut baik kunjungan 170 wisatawan dari Tiongkok, Kamis (11/7). Keduanya berharap, kehadiran wisatawan dari Kota Kunming Provinsi Yunnan itu diharapkan menggairahkan pariwisata Kota Solo. Apalagi mereka datang dalam jumlah yang banyak.

Selama tiga hari, para wisatawan yang datang bersama-sama keluarga itu diharapkan bisa mampir di tempat-tempat wisata budaya, selain wisata pantai alam di Yogyakarta dan Jawa Tengah. "Pada umumnya wisatawan dari Tiongkok itu senang dengan wisata budaya dan wisata alam, khususnya pantai," kata dia usai menyambut wisatawan di Bandara Solo, Kamis (11/7).

Hadir juga dalam penyambutan itu, Kepala Dinas Pariwisata Hasta Gunawan, Ketua PHRI Solo Abdullah Soewarno, Ketua PHRI Solo Pri Siswanto, general manager Citilink Solo Rudy, dan Operation Manager PT Angkasa Pura (I) Bandara Adi Soemarmo. Daryono mengatakan, rombongan 170 wisatawan Tiongkok itu semula berkunjung di Pulau Bali. Kemudian melanjutkan kunjungan wisata ke Kota Solo dengan menggunakan pesawat charter dan mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Semula mereka hanya mengenal Bali ketika berwisata ke Indonesia. Tapi ketika ditawari biro wisata untuk datang ke Yogyakarta dan Jawa Tengah, khususnya Solo, yang  destinasi wisatanya tidak kalah menarik dibanding daerah lain, akhirnya mereka tertarik untuk datang.

"Dari jumlah penduduk Tiongkok sekitar 1,4 miliar jiwa, sekitar 200 juta penduduknya berpotensi untuk berwisata atau travelling. Semula wisatawan Tiongkok hanya diperebutkan dua negara kini diperebutkan puluhan bahkan seratusan negara," kata dia sela pembukaan acara Solo Investment Forum 2019 di atrium Solo Paragon Mall, Kamis (11/7).

Lebih lanjut Daryono mengatakan, kedatangan wisatawan dari Tiongkok ke Solo dengan pesawat charter melalui Bandara Adi Soemarmo adalah kloter pertama dari beberapa kloter yang telah dijadwalkan biro perjalanan yang menghadirkan mereka.

Karena itu, pihaknya berharap nantinya ada penerbangan langsung dari Solo - Tiongkok yang dilayani secara reguler. "Selama ini kedatangan wisatawan dari Tiongkok ke Indonesia melalui Bandara di Denpasar Bali yang melayani dua kali seminggu," tandas dia.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)