• KANAL BERITA

Kampung KB Dadirejo Diresmikan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

TUNTANG, suaramerdeka.com - Kampung KB Dadirejo di Dusun Candi Tengah, Candirejo,  Tuntang, Kabupaten Semarang diresmikan, Kamis (11/7) pagi. Pembentukan Kampung KB ini, menurut Kepala Desa Candirejo Tuntang, Tri Gunawan Setyadi, merupakan inisiatif masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Tidak hanya program KB saja yang menjadi perhatian pengelola, melainkan juga ada berbagai program pemberdayan masyarakat lewat usaha ekonomi produktif,” katanya, di sela Peresmian Kampung KB Dadirejo.

Peresmian kemarin, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Ikut menyaksikan Camat Tuntang Lalu M Maladi, Forkompimcam, dan warga setempat. Sampai kemarin, lanjut Tri Gunawan, sudah ada beberapa warga yang memiliki keterampilan membuat produk kudapan khas. Seperti olahan ikan rawa aneka rasa yang bahan dasarnya diperoleh dari Danau Rawapening.

Adapun partisipasi warga yang mengikuti program KB, tercatat ada 755 orang peserta KB dari total 1.109 pasangan usia subur (PUS). Melihat data itu pihaknya mengakui, prosentase kepesertaan program KB memang masih terhitung rendah. “Untuk itu, pengelola Kampung KB akan mengintensifkan sosialisasi pentingnya program KB untuk meningkatkan angka kepesertaan,” imbuh dia.

Dalam sambutannya, Ngesti Nugraha menandaskan bahwa prioritas program Kampung KB adalah meningkatkan kesejahteraan warga. Dengan demikian, pihaknya optimistis tingkat kemiskinan warga akan berangsur turun. Sejalan dengan itu, Pemkab Semarang berharap adanya dukungan pendanaan dari pemerintah desa untuk mengintensifkan berbagai Program Pembangunan Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga.

“Prioritas lainnya adalah peningkatan usaha ekonomi produktif. Tidak hanya itu, pelayanan kesehatan termasuk bagi warga lanjut usia juga menjadi perhatian para pengelola Kampung KB,” kata Ngesti.

Camat Tuntang, Lalu M Maladi menambahkan, hingga kemarin setidaknya ada empat Kampung KB di wilayahnya. Sebelum Kampung KB di Candirejo, juga telah diresmikan di Kampung KB Desa Ngajaran, Rowosari, dan di Desa Kalibeji. “Semoga akan disusul oleh desa lainnya, supaya pembangunan KB dan pemberdayaan keluarga dapat dilaksanakan serentak serta membawa hasil yang lebih baik lagi,” tutur dia.


(Ranin Agung/CN26/SM Network)