• KANAL BERITA

Undip Lepas 3.654 Mahasiswa KKN

Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur
Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com – Universitas Diponegoro (Undip) melepas 3.654 mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II TA 2018/2019, di Lapangan Widya Puraya Kampus Undip Tembalang, Senin (8/7). Mahasiswa Undip yang akan menjalani KKN terdiri dari 1.190 laki-laki dan 2.464 perempuan di 10 wilayah Kabupaten di Jawa Tengah.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama dalam amanatnya mengatakan, saat melaksanakan KKN para mahasiswa harus dapat memberikan inspirasi, kebaikan dan keteladan bagi masyarakat di wilayah tempat KKN, kalian harus dapat menunjukan kualitas pengabdian yang benar- benar berasal dari world class university. Ia berharap, mahasiswa dalam melasanakan KKN nanti buatlah program kerja yang berkualitas.

“Kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyrakat. Mahasiswa KKN jangan hanya bisa memberikan labeling dan packaging produk tapi harus memberikan sentuhan teknologi,” katanya.

Rektor berpesan agar selalu menjaga nama baik almamater, mengingat Undip adalah universitas berkelas dunia, Undip nomor 3 favorit untuk SBMPTN dari 122 PTN di Indonesia dan peringkat nomor 5 terbaik di tanah air.

Sementara Ketua P2KKN Undip Fahmi Arifan M Eng menjelaskan, KKN ini dalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus. Selain secara langsung mengidentifikasikan masalah-masalah serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan wilayah di lokasi KKN.

“ KKN Undip Tim II tahun 2018/2019 akan diselenggarakan selama 44 hari yang diterjunkan pada 10 wilayah kabupaten yaitu Rembang, Jepara, Pati, Grobogan, Temanggung, Semarang, Tegal, Batang, Pekalongan, dan Pemalang terhitung sejak 8 Juli sampai dengan 20 Agustus 2019 dengan melibatkan Dosen KKN sebanyak 102 orang dan Dosen Koordinator KKN sebanyak 11 orang,” tuturnya.


(Puthut Ami Luhur/CN19/SM Network)