• KANAL BERITA

Pemkot Tegal Ancam Dua Minimarket Bandel

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

TEGAL, suaramerdeka.com - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal memberikan peringatkan keras kepada manajemen dua minimarket, di Jalan Gajahmada dan Jalan AR Hakim Kota Tegal, yang belum mengantongi izin untuk segera menutup tempat usahanya.

Menurut Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal, Khaerul Huda, kedua minimarket tersebut telah melanggar dan tidak sesuai persyaratan/peraturan. Jika  manajemen tidak bersedia menutup usahanya akan berdampak pada minimarket lain sekali pun berizin.

"Apabila dua minimarket yang melanggar tidak segera ditutup, maka kami akan moratorium atau tidak akan mengeluarkan izin ke toko lainnya, meski sesuai persyaratan,’’ tegasnya, Kamis (20/6).

Dia menjelaskan, minimarket di Jalan Gajahmada dan Jalan AR Hakim dinilai melanggara aturan karena jarak/radius kedua minimarket tersebut kurang dari 500 meter dengan pasar tradisional. "Kami sudah tiga kali memberikan surat peringatan, namun mereka membandel dan tetap beroperasi,’’ katanya.

Khaerul menambahkan, pihaknya berharap manajemen dari kedua minimarket tersebut segera menindaklanjuti teguran Pemkot Tegal. Regulasi tentang operasional minimarket sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Tegal, Nomor 6/2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Eceran, Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.

Bahkan, mekanisme penutupan sementara juga berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 21/2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kota Tegal Nomor 6/2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Eceran, Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.


(Wawan Hudiyanto/CN40/SM Network)